Cara ke Singapura Lewat Batam, Mulai dari Persiapan hingga Keberangkatan

| 21 Jun 2023 23:05
Cara ke Singapura Lewat Batam, Mulai dari Persiapan hingga Keberangkatan
Singapura (Freepik)

ERA.id - Singapura menjadi negara yang sering dijadikan tujuan wisata warga Indonesia. Banyak orang tertarik liburan ke Singapura karena jaraknya cukup dekat, sehingga bisa menghemat ongkos dan terlalu lama di perjalanan. Pergi ke Singapura tidak hanya bisa dilakukan melalui jalur udara, namun juga bisa lewat Batam. Bagaimana cara ke Singapura lewat Batam?

Perjalanan ke Singapura bisa dilakukan melalui jalur laut lewat Batam, Kepulauan Riau. Batam merupakan daerah di Indonesia yang lokasinya paling dekat dengan Negeri Singa tersebut. Bahkan dari pesisir utara dan barat laut Batam, Anda sudah bisa melihat jelas barisan gedung pencakar langit di Singapura. 

Pergi ke Singapura lewat Batam menjadi alternatif bagi Anda yang bosan bepergian menggunakan pesawat. Cara berangkat ke Singapura lewat Batam juga cukup mudah dan tersedia banyak pilihan waktu perjalanan. 

Singapura (Freepik)

Cara ke Singapura Lewat Batam

Saat ingin plesir atau traveling ke luar negeri, pastikan Anda sudah memiliki paspor yang aktif. Meski jarak negara Singapura cukup dekat, namun perjalanan Anda tetap termasuk lintas yurisdiksi dan akan menjalani pemeriksaan imigrasi. 

Ada sejumlah hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan saat akan pergi ke Singapura lewat Batam. 

Persiapan

Saat berencana liburan ke Singapura menggunakan transportasi laut dari Batam, terlebih dahulu Anda harus menyusun estimasi waktu keberangkatan. Selain itu, hitung juga durasi atau lama waktu Anda berada di negara tetangga tersebut. Jadi Anda memiliki acuan untuk memesan tiket penyeberangan dan menyewa penginapan selama di Singapura. 

Perjalanan dari Batam ke Singapura menggunakan kapal tersedia dua titik keberangkatan,yaitu dari Batam Center dan Harbour Bay. Jarak kedua terminal tersebut tidak begitu jauh, yakni hanya sekitar 11 kilometer. 

Sementara terminal tujuan berlabuh di Singapura juga terdapat dua tempat, yaitu Tanah Merah dan Harbourfront. Pastikan Anda memilih terminal keberangkatan dan tujuan sesuai kebutuhan. 

Layanan transportasi dari Batam ke Singapura disediakan oleh empat operator kapal ferry, yaitu Horizon Fast Ferry, Majestic Fast Ferry, Sindo Ferry, dan Batam Fast Ferry. Setiap operator memberlakukan jadwal dan titik keberangkatan yang berbeda. 

Pembelian Tiket Perjalan Batam ke Singapura

Pembelian tiket kapal ferry untuk perjalanan dari Batam ke Singapura bisa Anda lakukan secara online melalui situs operator yang dipilih. Anda juga bisa booking tiket lewat jasa atau layanan penyedia tiket. Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara langsung di gerai operator ferry yang ada di pelabuhan. 

Pembelian tiket on the spot dan proses check-in harus Anda lakukan paling tidak satu jam sebelum jadwal keberangkatan kapal. Untuk harga tiket kapalnya, yakni kisaran Rp400.000 sekali perjalanan. Anda bisa mendapat harga lebih murah jika membeli tiket perjalanan pulang-pergi (PP). 

Keberangkatan

Anda harus tiba di pelabuhan paling tidak satu jam sebelum jadwal keberangkatan. Proses check-in ferry dilakukan paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan. Sementara proses boarding ke kapal dilakukan 15 menit sebelum ferry melaut. 

Saat proses keberangkatan, Anda akan melewati tempat pemeriksaan atau pengecekan barang. Anda juga akan melewati pos imigrasi untuk pengecekan administrasi dokumen seperti paspor dan lainnya. Setelah itu, Anda baru bisa masuk ke kapal ferry.

Perjalanan laut dari Batam ke Singapura memakan waktu sekitar 50 menit. Jadi apabila dihitung bersama proses check-in, boarding pass, dan pemeriksaan imigrasi, maka total waktu keberangkatan dan perjalanan Anda bisa sampai 1,5 jam. 

Demikianlah informasi cara pergi ke Singapura lewat Batam menggunakan jalur laut atau kapal ferry. Saat sudah berada di Singapura, pastika segera menukar uang rupiah dengan dolar Singapura agar segala kebutuhan transaksi Anda bisa mudah dan lancar. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi