Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula di Jawa Tengah, Ada yang Pernah Anda Daki?

| 02 Dec 2023 12:05
Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula di Jawa Tengah, Ada yang Pernah Anda Daki?
Pemandangan dari Gunung Andong (Badan Otorita Borobudur)

ERA.id - Mendaki gunung jadi salah satu kegiatan yang digemari banyak orang dan Indonesia punya banyak sekali gunung. Bagi pendaki pemula, sebaiknya memilih gunung dengan medan yang tidak terlalu terjal dan tidak terlalu tinggi, sekitar 1.000 hingga 2.000 mdpl.

Beberapa gunung tersebut bisa ditemukan di provinsi Jawa Tengah. Jika Anda mencari rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Jawa Tengah, simak uraian berikut yang rangkum dari Disway Jateng.

Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula di Jawa Tengah

1. Gunung Andong

Gunung Andong berada di antara Desa Ngablak dan Tlogorjo, Grabag, Kabupaten Magelang. Ketinggiannya sekitar 1.726 mdpl.

Dengan medan tempuh yang tidak terlalu terjal, area puncak gunung bisa dicapai dalam waktu singkat, sekitar 1—3 jam. Bagi pemula, hal ini sudah cukup menjadi pengalaman berharga.

Saat berada di puncak, pendaki bisa melihat keindahan berbagai puncak gunung lain, seperti Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, dan Telemoyo.

2. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang memiliki ketinggian sekitar 2.050 mdpl. Jalur pendakiannya juga cukup mudah.

Pendaki hanya butuh waktu 2—3 jam pendakian untuk mencapai puncak. Gunung ini punya dua puncak, yaitu Puncak Botak (melalui jalur Perantunan) dan Puncak Banteng (melalui jalur Mawar).

3. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo juga ramah bagi pendaki pemila. Ketinggiannya sekitar 1.894 mdpl. Daya tarik dari gunung ini adalah samudra awan yang sangat indah. Jalur pendakiannya juga terbilang tidak sulit.

Saat berada di puncak gunung, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan gunung-gunung di sekitarnya, seperti Gunung Merbabu, Sindoro, Andong, Ungaran, dan Sumbing.

4. Gunung Prau

Ketinggian Gunung Prau sekitar 2.590 mdpl. Untuk mencapai puncak, waktu pendakian yang dibutuhkan sekitar 1,5 sampai 3 jam.

Kawasan puncak memiliki area yang cukup luas untuk berkemah. Jika Anda mendirikan tenda di area kemah sisi selatan, pemandangan indah beberapa gunung bisa Anda dapatnya, seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu.

Pemandangan dari Gunung Prau (Visit Jawa Tengah)

5. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro termasuk salah satu gunung yang sering didaki. Pemandangan di gunung ini sangat indah, baik saat sunrise maupun sunset.

Gunung ini memiliki tiga jalur pendakian, yaitu jalur Sigedang Tambi, Alang-alang Sewu, dan jalur Kledung. Bagi pendaki pemula, sebaiknya memilih jalur Kledung karena transportasinya lebih mudah.

6. Gunung Besek

Gunung ini termasuk wilayah dari Wonogiri. Jalur menuju puncak gunung ini tidak rumit dan tidak sulit.

Anda bisa mencapai Gunung Besek dengan menempuh perjalanan dari jalur utama Wonogiri—Ponorogo untuk menuju ke Kecamatan Purwontoro. Dari sana, Anda pergi ke arah selatan melewati jalan Purwantoro—Kismantoro, lalu masuk ke Desa Bugelan.

Gunung ini terbilang ramah bagi pendaki pemula, tapi Anda harus tetap hati-hati. Apalagi, lokasinya berbatasan dengan jurang.

7. Gunung Bismo, Wonosobo

Gunung Bismo memiliki ketinggian 2.356 mdpl. Anda bisa saja hanya butuh waktu pendakian selama satu jam jika memilih jalur Sikunang di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Itu karena jalur pendakian tersebut menyediakan jasa ojek.

Itulah rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Jawa Tengah. Ikuti terus Era.id untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Rekomendasi