Gunung di Jawa Timur yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Catat!

| 30 Dec 2023 10:05
Gunung di Jawa Timur yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Catat!
Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO)

ERA.id - Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang menjadi favorit bagi para pecinta alam. Banyak bermunculan pendaki pemula yang berniat mencoba olahraga ekstrem ini. Tahukah Anda, ada gunung di Jawa Timur yang cocok untuk pendaki pemula.

Tentunya, para pendaki harus memiliki persiapan matang sebelum melakukan aktivitas ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi cuaca, medan jalan terjal, dan lain sebagainya.

Gunung di Jawa Timur yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Gunung Lorokan

Gunung pertama yang dapat menjadi tujuan pendaki pemula yaitu Gunung Lorokan. Gunung ini berlokasi di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Ketinggian gunung ini 1.100 mdpl, sehingga pendaki dapat menempuhnya dengan berjalan santai kurang lebih satu jam.

Medan Gunung Lorokan juga tidak curam, sehingga cocok bagi pendaki pemula. Sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Lorokan pendaki akan menyaksikan pemandangan yang indah.

Gunung Pundak

Masih di area Mojokerto, terdapat Gunung Pundak. Berlokasi di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Gunung Pundak memiliki medan ringan dan tidak terlalu curam. Sehingga tidak memerlukan waktu mendaki terlalu lama atau hanya sekitar dua jam.

Memiliki tinggi 1.585 mdpl, Gunung Pundak cocok untuk pendaki pemula, bahkan pendaki bisa mengajak keluarga. Gunung Pundak berlokasi di bagian bahu Welirang. Selain dapat melihat keindahannya, Anda juga dapat menikmati keindahan Gunung Penanggungan dari sini.

Gunung Kelud

Gunung yang pernah meletus pada 2014 lalu ini juga selalu dijadikan rekomendasi bagi para pendaki. Gunung yang terletak di antara Kabupaten Blitar dan Kediri ini mempunyai ketingggian 1.731 mdpl. Medan yang ditempuh para pendaki juga tidak terlalu sulit dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih empat jam untuk mencapai puncak.

Gunung Kelud mempunyai jalur pendakian favorit via Tulungrejo, Blitar. Pendaki yang ke sini tidak perlu khawatir kelaparan, ingin buang air, dan sebagainya. Sebab, pengelola Gunung Kelud telah menyediakan tempat wisata dan berbagai fasilitas.

Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan terletak di perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Tinggi Gunung Penanggungan ini yaitu 1.653 mdpl dengan puncak Pawitra.

Ada sebanyak lima jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai puncak Gunung Penanggungan. Antara lain Jalur Tamiajeng, Jalur Wonosunyo Betro, Jalur Jolotundo, Jalur Kedungudi, dan Jalur Ngoro.

Selain menikmati keindahan Gunung Penanggungan, para pendaki juga akan menyaksikan keindahan pemandangan gunung lain, yaitu Gunung Arjuno, Gunung Semeru, dan Gunung Welirang.

Gunung Ijen

Gunung ini cukup terkenal dan menjadi favorit bagi kalangan masyarakat Indonesia. Gunung Ijen berlokasi di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.

Gunung Ijen cocok bagi pendaki pemula sebab mempunyai ketinggian 2.386 mdpl. Selain itu, Gunung Ijen juga tidak terdapat jalur curam, medan mendatar dan landai, jalan lebar, dan memiliki kawah indah yang terkenal.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah gunung yang masih aktif. Gunung ini mempunyai ketinggian 1.329 mdpl dan berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Secara geografis Gunung Bromo berlokasi di empat kabupaten, yaitu Lumajang, Pasuruan, Malang, dan Probolinggo.

Bromo Tengger Semeru/DOK VIA ANTARA

Selain menjadi tempat mendaki, gunung ini juga dijadikan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi. Anda dapat ke puncak Bromo dengan melewati tangga. Jika Anda ingin berwisata ke sini dan malas berjalan kaki, maka bisa menyewa jeep atau menunggangi kuda.

Demikianlah ulasan tentang gunung di Jawa Timur yang cocok untuk pendaki pemula. Selamat mendaki!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi