Kerap Menjadi Tujuan Para Pendaki, Berikut Nama-Nama Gunung di Pulau Jawa

| 06 Nov 2022 08:02
Kerap Menjadi Tujuan Para Pendaki, Berikut Nama-Nama Gunung di Pulau Jawa
Gunung Semeru/Foto: Antara

ERA.id - Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak gunung dengan tinggi variatif. Banyak pendaki di Nusantara yang memasukkan daftar gunung di Jawa untuk didaki. Adapun gunung yang paling populer dan menjadi surga bagi sebagian besar pendaki di pulau Jawa adalah Gunung Semeru. Gunung ini berlokasi di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

Anggota Polres Tegal di Puncak Gunung Slamet/ Foto: Dok. Polda Jaten

Gunung yang ditetapkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan masuk dalam tujuh gunung dengan puncak tertinggi di Nusantara. Sampai saat ini, Semeru dikategorikan sebagai kategori gunung berapi aktif yang ada di Pulau Jawa.

Selain Gunung Semeru, tentu masih banyak gunung lain yang tidak kalah menariknya bagi para pendaki. Mungkin Anda sudah mengenal gunung-gunung ini. Berikut nama-nama gunung di Pulau Jawa yang populer di kalangan pendaki:

1. Gunung Semeru

Dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl, Gunung Semeru ditetapkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Selain itu, Semeru menduduki peringkat ketiga sebagai gunung tertinggi di Indonesia, setelah Puncak Jayawijaya dan Gunung Kerinci. Sejak tahun 1818, Gunung Semeru sudah mengalami 55 letusan dan mengeluarkan awan panas.

2. Gunung Slamet

Gunung yang berlokasi di Jawa Tengah ini mencapai ketinggian 3.428 mdpl. Lokasi gunung ini ada di lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang, dan Brebes.

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing memiliki ketinggian mencapai 3.372 mdpl. Gunung ini terletak di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Sumbing menduduki urutan kedelapan gunung tertinggi di Indonesia, setelah Gunung Slamet. Gunung Sumbing merupakan gunung api mati, meletus terakhir kalinya pada 1730. Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini juga dipilih para pendaki sebagai jalur pendakian yang dapat ditempuh melalui lima jalur. Jalur tersebut antara lain Garung, Capiut, Bowongso, Parakan, Butuh Kaliangkrik, dan Sipetung.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno mencapai ketinggian 3.339 mdpl. Bagian puncaknya dikenal sebagai puncak Ogal Agil. Gunung ini berlokasi di tiga daerah yaitu kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Jika Anda mau mendaki gunung ini, ada 4 jalur pendakian yang bisa Anda pilih, yaitu Tretes, Sumber Brantas, Tambaksari, dan Lawang.

Wilayah gunung ini terletak di Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuno berdampingan dengan gunung Welirang, gunung Kembar I, dan gunung Kembar II. Salah satu gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa ini meletus terakhir kali tahun 1952.

5. Gunung Raung

Gunung Raung  memiliki ketinggian 3.332 mdpl dan terletak di tiga Kabupaten. Lokasi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini berada di antara Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, Jawa Timur. Gunung Raung merupakan gunung berapi aktif di Jawa Timur. Selama 20 tahun, letusan gunung ini terhitung rata-rata sekali setiap 2,8 tahun.

6. Gunung Lawu

Gunung yang dikenal keramat ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur dan berada di perbatasan Ngawi dan Magetan, Jawa Timur. Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini juga dijadikan sebagai obyek wisata populer di kota Solo.

Di sekitar gunung juga terdapat wisata air terjun yang disebut Grojogan Sewu. Pengunjung bisa berwisata ke air terjun ini dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Solo. Dikutip dari laman Indonesia.go.id, ada lima objek wisata yang bisa Anda kunjungi di sekitar Gunung Lawu, antara lain Candi Cetho, Cemoro Sewu, komplek pemakaman pendiri Keraton Mangkunegaran, Grojogan Sewu, dan Telaga Sarangan.

7. Gunung Welirang

Gunung berapi aktif ini tercatat memiliki ketinggian 3.156 mdpl dan berlokasi di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Welirang sendiri masih berada satu wilayah dengan Gunung Arjuno. Gunung ini tercatat pernah mengalami letusan pada 1950 sampai 1952. Pada tahun 1950, Welirang mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2.500-2.700 meter.

Demikianlah beberapa nama-nama gunung di Pulau Jawa yang kerap dipilih oleh para pendaki. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi