3 Tips Tetap Nyaman Traveling Saat Puasa

| 17 Mar 2024 05:02
3 Tips Tetap Nyaman Traveling Saat Puasa
Tips traveling saat puasa (Pexel/Oleksandr P)

ERA.id - Di bulan Ramadan, sebagian orang mungkin sudah memiliki rencana mudik atau traveling jarak jauh. Traveling saat puasa harus menyesuaikan dengan menjalankan ibadah dan menikmati perjalanan.

Untuk bisa mendapatkan keduanya sehingga traveling tetap nyaman selama puasa, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Simak ulasannya dilansir dari The Wandering.

1. Terapkan fleksibilitas

Ketika traveling selama puasa, sifat penting yang harus dimiliki adalah fleksibilitas. Ini karena dalam perjalanan, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi.

Seperti contoh, jika terbiasa berbuka puasa dengan satu jenis makanan tetapi di tempat tujuan tidak ada, pilihlah makanan yang tersedia. Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan tempat tujuan traveling agar tidak membuat perjalanan merepotkan.

2. Utamakan kesehatan

Traveling sambil berpuasa dapat menjadi tantangan tersendiri bagi tubuh karena bisa menyebabkan kelelahan dengan aktivitas fisik yang berlebih. Untuk itu, tetaplah waspada terhadap tubuh sendiri.

Pastikan tidak membahayakan diri sendiri selama traveling dan ketahui sinyal keadaan tubuh. Jika sudah merasa pusing atau lemas, tunda sejenak traveling atau puasa yang sedang dijalankan.

3. Selalu bawa camilan dann air minum

Meskipun sedang berpuasa, pastikan untuk selalu membawa camilan dan air minum selama traveling. Dalam beberapa situasi, mungkin saja tidak menjumpai restoran untuk berbuka puasa dan sahur.

Dengan terus membawa camilan dan air minum sendiri, maka masalah tersebut bisa diatasi. Ingat juga untuk memastikan tubuh cukup terhidrasi untuk menjaga kesehatan sepanjang perjalanan.

Rekomendasi