Bahaya, CDC Level 3 Peringatkan Wisatawan Hindari Indonesia

Tim Editor

Ilustrasi wisatawan mancanegara (Unplash/@belart84)

ERA.id - Indonesia kini berada di level 3 dengan risiko COVID-19 tinggi. Berdasarkan data terebut, 'Travel Notice' pun muncul. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat merekomendasikan para pelancong atau wisatawan asing untuk menghindari semua perjalanan internasional yang tidak penting ke Indonesia.

Melalui laman www.cdc.gov, Selasa 8 September 2020, Indonesia diberi travel notice atau pemberitahuan perjalanan bagi wisatawan asing lantaran risiko Covid-19 di Indonesia tergolong tinggi.

CDC menyebutkan risiko penularan Covid-19 di Indonesia tergolong tinggi. Pernyataan ini dikeluarkan awal Agustus 2020 lalu. Peringatan perjalanan internasional untuk keperluan tidak mendesak ini diberlakukan bagi seluruh warga AS.

Sementara, warga AS yang memiliki risiko tinggi terhadap infeksi Covid-19, seperti orang tua dan orang yang memiliki penyakit bawaan, diimbau untuk benar-benar menghindari dan menunda rencana berkunjung ke Indonesia. Baik untuk keperluan esensial terlebih untuk keperluan nonesensial.

“Selain 59 negara menutup pintu bagi masuknya WNI, CDC mengeluarkan peringatan level 3, level tertinggi agar pelancong menghindari perjalanan ke Indonesia,” kata dr Berlian Idris di akun Twitternya, @berlianidris, Selasa (8/9/2020).

Sejumlah wisatawan dengan peningkatan risiko penyakit parah akibat COVID-19 harus mempertimbangkan untuk menunda semua perjalanan, termasuk perjalanan penting, ke Indonesia. 

Berlian menjelaskan CDC mengeluarkan warning level 3, karena risiko COVID-19 Indonesia sangat tinggi, namun layanan medis terbatas. 

Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, hingga Selasa (8/9/2020), total kasus Covid-19 Indonesia tercatat 200.035 kasus. 

Tag: travelling jumlah wisatawan di indonesia covid-19

Bagikan: