Cocok Dikunjungi saat Liburan Natal, 5 Wisata Religi di Indonesia yang Instagramable

| 25 Dec 2020 11:15
Cocok Dikunjungi saat Liburan Natal, 5 Wisata Religi di Indonesia yang Instagramable
Salib Kasih (Foto: Instagram/@idonmalingkas)

ERA.id - Bagi umat Kristiani di seluruh dunia, Hari Natal menjadi salah satu momen yang spesial untuk dirayakan. Selain menjadi ajang untuk berkumpul dengan orang terkasih, perayaan Natal adalah peringatan hari kelahiran Yesus Kristus. 

Memperingati hari lahir Yesus Kristus, ada sejumlah wisata yang cocok dikunjungi saat liburan Natal. Jika kamu salah satu orang yang ingin berlibur ada beberapa destinasi menjadi pilihan yang pas. Berikut 5 wisata religi di Indonesia yang instagramable dan cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta.

1. Bukit Salib Kasih, Tarutung

Bukit Salib Kasih (Foto: Instagram/@natanael.sijabat)

Bukit Salib Kasih berada di Bukit Dolok, Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Bukit Salib Kasih berjarak sekitar 2 kilometer dari kota Tarutung. Salib Kasih berdiri kokoh menghadap ke Kota Tarutung dan dilengkapi dengan kapel yang disebut Rumah Doa. 

Tempat wisata satu ini jadi obyek wisata rohani Kristiani yang banyak diminati dan ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun wisata lokal terutama pada hari Natal. Wisata religi satu ini terdapat beberapa rumah doa, wahana selfie, tempat penjualan souvenir tentang Salib Kasih, parkir yang luas, rumah makan, dan beberapa fasilitas lainnya.

2. Gua Maria Sendangsono

Gua Maria Sendangsono (Foto: Instagram/@ardihong)

Bagi umat Kristiani, momen Paskah tidak lengkap rasanya tanpa kegiatan ziarah ke tempat keagamaan. Salah satu wisata religi yang banyak dikunjungi adalah Gua Maria Sendangsono berada di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 

Tempat ibadah ini diresmikan pada tahun 1929. Umat Kristiani biasanya mengambil air dari sumber mata air yang ada di tempat ini. Mereka percaya air tersebut dapat menyembuhkan penyakit. Keunikan tempat ini adalah adanya sentuhan arsitektur nuansa Jawa. Gua ini juga disebut Lourdes ala Indonesia.

3. Patung Yesus Kristus, Pulau Mansinam

Patung Yesus Kristus (Foto: Instagram/@instakatolik)

Dalam merayakan momen Natal, tak lengkap rasanya jika kamu tak berkunjung ke patung Yesus Kristus berada di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat. Ini merupakan ikon dari penyebaran Injil di Tanah Papua. Patung ini diresmikan langsung oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Agustus 2014.

Patung Yesus Kristus di Pulau Mansinam ini adalah salah satu ikon kota dan menjadi tanda penyebaran Injil di Tanah Papua. Patung ini memiliki ketinggian 30 meter.

4. Gua Maria Lourdes, Kediri

Gua Maria Lourdes (Foto: Instagram/@kristinabintang)

Gua Maria Lourdes berada Sukorame, Puhsarang, Kediri, Jawa Timur. Pada momen Natal seperti saat ini, wisata religi Goa Maria Lourdes Pohsarang menjadi salah satu pilihan. Gua Maria Lourdes banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Jumlah kunjungan bisa mencapai ratusan bahkan ribuan tiap hari.

Selain beribadah bagi umat Kristiani, di tempat wisata ini, pengunjung menikmati panorama alam rerindangan pohon serta kesejukan hawa pegunungan lereng kaki Gunung Wilis. Di sekitar lokasi wisata,  juga ada sejumlah tempat yang menjadi daya tarik pengunjung. Di antaranya makam para uskup, para romo, rumah abu, dan jalan salib . Di samping itu, ada beberapa  tempat peribadatan yang bangunannya bernuansa etnik perpaduan Eropa dan tradisional.

5. Larantuka, Nusa Tenggara Timur

Larantuka (Foto: Instagram/@kataomed)

Larantuka, Nusa Tenggara Timur terletak di Larantuka, Flores Timur, NTT. Menjelang perayaan Natal, di Larantuka biasanya akan ada hari-hari penuh doa yang disebut Semana Santa. Umat Katolik biasanya mendatangi Larantuka agar mendapatkan pengalaman rohani.

Pengunjungnya tak hanya dari warga setempat, melainkan negara lain banyak yang tertarik mengunjungi Larantuka. Hal ini dikarenakan Larantuka terdapat banyak peninggalan bangsa Portugis.

Rekomendasi