Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel yang Biasa Digunakan

| 23 Jul 2024 21:00
Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel yang Biasa Digunakan
Ilustrasi jenis-jenis jaringan nirkabel. (Gambar @ macrovector- Freepik)

ERA.id - Salah satu contoh jaringan nirkabel yang umumnya digunakan antara lain WiFi. Jaringan nirkabel (wireless) memanfaatkan gelombang elektromagnetik seperti mikro, radio, dan infrared sebagai media transmisi data.

Jaringan nirkabel adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung dalam sebuah jaringan, dengan menggunakan media udara atau gelombang sebagai jalur lintas datanya. Jenis-jenis jaringan nirkabel apa saja yang bisa digunakan? Simak ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Jaringan Nirkabel

Mengutip buku Panduan Lengkap Membangun Sendiri Sistem Jaringan Komputer, MADCOMS (2015), adapun manfaat menggunakan jaringan nirkabel antara lain dapat dijangkau lebih luas daripada dengan jaringan yang memanfaatkan media kabel. Di bawah ini adalah beberapa contoh jaringan nirkabel dan jenis-jenisnya.

  • WMAN

Wireless Metropolitan Area Network bisa saling menghubungkan di beberapa titik pada wilayah metropolitan. Para pengguna dapat menempuh jaringan ini dengan mudah saat menggunakan jenis nirkabel ini.

Contoh penggunaan WMAN dapat ditemukan pada gedung perkantoran A dengan gedung perkantoran B. Selanjutnya, jaringan ini juga dapat menjangkau satu kota secara sekaligus. Jaringan WMAN biasa disebut dengan istilah metropolitan yang artinya kota atau wilayah.

  • WLAN

Wireless Local Area Network dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk saling bertukar data dan informasi. WLAN memberikan beberapa koneksi melalui access point untuk jaringan internet yang lebih luas. WLAN, pada umumnya digunakan pada area yang wilayahnya kecil.

Contoh penggunaan WLAN hanya mampu menjangkau area perkantoran, sekolah, bandara, perpustakaan, dan sebagainya dengan cakupan yang sedikit.

  • WPAN

Wireless Personal Area Network merupakan jaringan nirkabel yang jangkauannya paling kecil sebab memiliki sifat mendadak. Jenis jaringan ini hanya dapat menjangkau jarak sepuluh meter.

Salah satu contoh penggunaan jaringan ini adalah bluetooth yang ada pada handphone, laptop, tablet, dan gadget pada umumnya.

  • WWAN

Wireless Wide Area Network ini dapat dimanfaatkan untuk pengguna yang terkoneksi ke jaringan pribadi atau jaringan publik dengan jangkauan yang jauh. WWAN mampu menjangkau gabungan beberapa wilayah sekaligus sampai membentuk jaringan sebuah negara.

Contoh penggunaan WWAN antara lain  2G, 3G, 4G, dan sebagainya. Semua orang yang mempunyai perangkat smartphone pasti memanfaatkan jaringan jenis ini.

Ilustrasi Wifi (Gambar Rawpixel - Freepik)

Fungsi Jaringan Nirkabel

Jika ingin akses jaringan yang sesuai dengan kebutuhan, beberapa fungsi di bawah ini dapat menjadi pertimbangan. Pada dasarnya, jaringan nirkabel sama halnya dengan jaringan kabel, yaitu sebagai ‘jembatan’ penghubung antarperangkat agar dapat bertukar data atau terkoneksi internet. Adapun beberapa fungsi jaringan nikabel antara lain sebagai berikut.

  • Akses yang luas

Semua perangkat dapat tersambung ke jaringan nirkabel, jika sinyalnya masih dapat diperoleh.

  • Praktis

Untuk memanfaatkan nirkabel, Anda hanya perlu menyediakan sebuah alat pemancar, dan pastikan komputer penerima mempunyai receiver-nya.

  • Mendukung Banyak Perangkat

Tidak hanya komputer, saat ini hampir semua smartphone sudah mendukung fitur jaringan nirkabel, seperti WiFi.

Demikianlah jenis-jenis jaringan nirkabel beserta fungsi dan jenis-jenis yang dapat Anda perhatikan. Jaringan nirkabel ini juga sudah banyak digunakan di rumah-rumah.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi