Buka Suara soal Iklan Sepatu Adidas yang Dikritik Israel, Bella Hadid Kesal dan Kecewa

| 30 Jul 2024 16:30
Buka Suara soal Iklan Sepatu Adidas yang Dikritik Israel, Bella Hadid Kesal dan Kecewa
Bella Hadid di iklan sepatu Adidas (Instagram/@bellahadid)

ERA.id - Bella Hadid akhirnya buka suara terkait kontroversi dirinya menjadi model iklan sepatu Adidas, yang menuai kritikan dari pendukung Israel. Hal ini disampaikan Bella lewat unggahan di Instagram Storiesnya, pada Senin (29/7/2024). 

“Bagi Anda yang tidak tahu isi hati saya, saya ingin memastikan Anda mendengarkan langsung dari saya tentang kampanye terbaru saya bersama Adidas,” tulis Bella Hadid. 

Adik Gigi Hadid itu menegaskan bahwa ia tidak mengetahui iklan sepatu Adidas yang ia promosikan berkaitan dengan peristiwa tragis Olimpiade Munich 1972. Pada ajang tersebut sebelumnya militan Palestina menculik dan membunuh 11 atlet Israel. 

Bella Hadid sebagai model yang keturunan dan pendukung Palestina pun dianggap tidak pantas mempromosikan sepatu tersebut sehingga dikritik pendukung Israel. Bella sendiri mengaku tidak mengetahui sejarah tragis di balik iklan tersebut. 

“Saya tidak akan pernah terlibat dengan karya seni atau karya apa pun yang terkait dengan tragedi mengerikan dalam bentuk apa pun. Sebelum kampanye dirilis, saya tidak mengetahui hubungan historis dengan peristiwa mengerikan pada tahun 1972,” katanya.

Model berusia 27 tahun itu mengaku kesal dan kecewa mengetahui peristiwa kelam yang berkaitan dengan iklan sepatunya. Ia mengatakan tidak akan mengambil proyek tersebut jika sebelumnya mengetahui sejarahnya. 

“Saya terkejut, kesal, dan kecewa dengan kurangnya kepekaan yang dilakukan dalam kampanye ini. Seandainya saya diberi tahu, dari lubuk hati saya, saya tidak akan pernah berpartisipasi,” tegasnya.

Meski demikian, Bella juga mengakui hal ini terjadi tak luput dari kesalahan timnya dan dirinya sendiri. Ia mengaku seharusnya melakukan riset lebih dalam terkait proyek kerja sebelum menyepakatinya.

“Tim saya seharusnya tahu, Adidas seharusnya tahu, dan saya seharusnya melakukan lebih banyak riset sehingga saya juga tahu, mengerti, dan berbicara,” tuturnya.

Kemudian Bella Hadid merasa sakit hati kampanye tersebut dikaitkan dengan pembebasan rakyat Palestina yang saat ini masih kerap diserang oleh Israel. Ia menegaskan bahwa dua hal tersebut tidak berkaitan dan akan terus mendukung kebebasan Palestina.

“Menghubungkan pembebasan rakyat Palestina dengan serangan yang begitu tragis adalah sesuatu yang menyakiti hati saya. Palestina tidak identik dengan terorisme dan kampanye ini secara tidak sengaja menyoroti sebuah peristiwa yang tidak mewakili siapa kami. Saya akan selamanya mendukung rakyat Palestina untuk mengadvokasi dunia yang bebas dari antisemitisme,” pungkas Bella Hadid

Rekomendasi