5 Tips Memilih Daycare yang Membantu Tumbuh Kembang Anak

| 31 Jul 2024 20:02
5 Tips Memilih Daycare yang Membantu Tumbuh Kembang Anak
Tips memilih daycare (freepik)

ERA.id - Daycare kini tidak hanya sekadar tempat penitipan anak, tetapi juga menjadi lingkungan pertama anak untuk bersosialisasi dan belajar. Untuk itu, Anda yang ingin menitipkan buah hati, terdapat beberapa tips memilih daycare agar tidak mengecewakan.

Memilih daycare yang tepat dapat memberikan dampak positif pada perkembangan anak secara keseluruhan. Namun, dengan banyaknya daycare yang bermunculan, orang tua seringkali merasa bingung dalam memilih.

Artikel ini akan membantu Anda menemukan daycare yang ideal untuk si kecil. Penasaran? Dilansir dari Philadelphia YMCA, berikut ini pembahasan lengkapnya.

Tips Memilih Daycare

  1. Lakukan Penelitian

Bagi banyak orang tua, memilih penitipan anak yang tepat bisa menjadi tantangan. Nah, jika Anda ingin memastikan anak Anda berada di tangan yang tepat. Itulah mengapa Anda harus melakukan penelitian.

Jika tidak ada teman atau keluarga Anda yang memiliki pengalaman dengan penitipan anak, carilah secara online. Ketika Anda mencari, pilih beberapa dengan ulasan yang baik dan hasil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Tanya-Tanya Langsung

Setelah mengumpulkan daftar, cobalah untuk melakukan kontak awal dengan setiap daycare melalui telepon. Meskipun bisa memakan waktu, wawancara via telepon membuatnya jauh lebih mudah daripada mendatanginya langsung.

Baca juga artikel yang membahas Menitipkan Anak di Daycare atau Babysitter

Sebelum menelepon, berikut ini beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan:

  • Apakah Anda berlisensi?
  • Berapa biaya yang Anda kenakan?
  • Apakah ada rencana belajar mingguan?
  • Apa ada metode penjemputan dan pengantaran?
  • Bagaimana pendekatan daycare Anda terhadap disiplin?
  • Bagaimana Anda berkomunikasi dengan orang tua?

Anda mungkin juga menyertakan pertanyaan terbuka tentang kebijakan mereka. Selain itu, Anda harus memiliki setiap pertanyaan yang dijawab sampai Anda puas. Selama panggilan, tuliskan jawaban atas pertanyaan sehingga Anda tidak lupa.

  1. Periksa Kebijakan Mereka

Setelah mempersempit daftar, tentukan apakah penitipan-penitipan tersebut memiliki standar yang sesuai dengan Anda.

Standar dapat mencakup disiplin, waktu televisi atau elektronik, jenis makanan dan jadwal makan, apakah tidur siang ditawarkan, dan sebagainya. Selain itu, tanyakan tentang kebijakan anak sakit dan alasan apa saja yang mengizinkan anak tidak masuk.

Perlu diketahui, pusat penitipan anak terbaik akan menyediakan makanan dan camilan bergizi yang sesuai dengan usia. Selain itu, instruksi orang tua seperti formula, ASI dan jadwal juga harus diikuti.

Periksa Kebijakan Daycare apakah sesuai dengan standar Anda (freepik)
  1. Kunjungi Langsung

Setelah memiliki beberapa list penitipan anak, maka kunjungi langsung dan pastikan setiap tempat memenuhi persyaratan yang telah Anda buat. Saat mengunjungi, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Anak-anak dan karakter staf (apakah bahagia atau tidak)
  • Lingkungan yang bersih dan sehat
  • Lingkungan yang merangsang dan sosial
  • Langkah-langkah keamanan seperti pintu terkunci, detektor asap dan tidak ada bahaya tersedak

Selama kunjungan, jangan lupa perhatikan staf mereka. Idealnya, seorang pengasuh harus bermain dengan anak-anak dan berinteraksi dengan setiap anak.

Perlu diketahui, pada tahun-tahun awal, bayi membutuhkan hubungan yang dekat dan penuh kasih dengan orang dewasa. Oleh karena itu, pengasuh pertama anak Anda harus hangat, responsif dan menyediakan banyak waktu.

  1. Periksa Kualifikasi

Di antara banyak tips untuk memilih penitipan anak, memastikan tempat tersebut memiliki kualifikasi yang tepat. Cari tahu, apakah pengasuh memiliki kualifikasi dan pengalaman yang tepat dalam pertolongan pertama dan CPR.

Selain itu, setiap guru juga harus memiliki pelatihan di bidang perkembangan anak usia dini. Meskipun hal ini bisa menjadi tantangan, tetapi Anda tentu ingin seseorang dengan pengalaman untuk mengasuh anak Anda bukan?

Selain tips memilih daycare, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi