Unboxing: Menelusuri Lorong Waktu di Blok M Mal yang Kini Mati Suri
Unboxing: Menelusuri Lorong Waktu di Blok M Mal yang Kini Mati Suri

Unboxing: Menelusuri Lorong Waktu di Blok M Mal yang Kini Mati Suri

By iqbal | 13 Feb 2023 14:35

ERA.id - Blok M Mal adalah salah satu pusat perbelanjaan legendaris di Jakarta. Dibuka pada 3 Oktober 1992 dan diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Wiyogo Atmodarminto. Mal ini terdiri dari 2 lantai basement yang dibangun dalam kurun waktu 2 tahun, yakni Desember 1990 hingga September 1992. Biaya pembangunannya menembus Rp80 miliar pada tahun 1992.

Dua dekade, Blok M Mal menikmati masa kejayaannya. Namun kini harus menerima nasib dengan pergeseran tren pusat perbelanjaan dan kehadiran pesaing-pesaing yang cukup besar di kawasan ini.

Sejak tahun 2017 blok m mal mulai terlihat sepi, berawal dari keluarnya tenan-tenan besar. Meski demikian, eksistensinya sempat bertahan dengan difungsikannya sebagian dari tempat ini menjadi tempat bursa mobil bekas, aksesoris, dan spare part otomotif. Namun ketika pandemi Covid-19 melanda, semua berubah, pengunjung seketika menghilang, dan pemilik tenan mulai menjajakan tempatnya. Predikat sebagai mal bawah tanah pertama di Indonesia pun tak sanggup mengembalikan kejayaan. Bagaimana kondisi Blok M Mal saat ini? Simak video selengkapnya di Channel YouTube Era.id.

Rekomendasi
Tutup