Melihat Lebih Dekat Profesi Penjaga Pintu Palang Kereta Api dan Fakta Menarik di Baliknya

Tim Editor

Petugas Pintu Kereta Api

ERA.id - Setiap profesi memiliki beban dan tugasnya masing-masing. Dalam bidang apapun itu, baik petugas jasa maupun produksi, mereka memegang peranan penting dalam pekerjaan yang diemban.

Tak terkecuali Penjaga Jalan Lintasan kereta api atau PJL. Di mata orang, profesi ini masih dianggap sebelah mata, karena tugasnya yang hanya membuka dan menutup palang kereta api di lintasan.

Tapi sebenarnya, profesi ini membutuhkan keahlian dan konsentrasi khusus, pekerjaan ini menyangkut keselamatan orang banyak. Terlambat sedikit menurunkan palang, akibatnya bisa fatal.

Ini Khairul Amri, petugas Penjaga Jalan Lintasan atau PJL, yang sudah 10 tahun bertugas menjaga pintu lintasan kereta api di kawasan Pramuka, Jakarta Timur (lokasi)

Berbagai suka dan duka ia lewati selama bekerja, dari tidak bisa bertemu dengan keluarga pada hari raya, hingga berbagai kejadian yang ia saksikan sendiri di perlintasan kereta api. 

Ia sadar betul bahwa pekerjaan yang ia emban cukuplah berat dan penuh tanggungjawab. Namun dirinya tetap mejalankan dan menikmati pekerjaan ini dengan ikhlas. 

 

Tag: kereta api PT Kereta Api Indonesia petuga pintu kereta api

Bagikan: