Masjid Al-Alam, Masjid Si Pitung yang Melegenda
Masjid Al-Alam, Masjid Si Pitung yang Melegenda

Masjid Al-Alam, Masjid Si Pitung yang Melegenda

By achmad basarudin | 14 May 2021 13:59

ERA.id - Masjid Al-Alam atau lebih dikenal dengan Masjid Si Pitung terletak di tepi Pantai Marunda Pulau, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara ini merupakan tempar Si Pitung semasa kecil banyak menghabiskan waktu bermain, belajar agama, bela diri, serta sembunyi dari opas dan kompeni.

Tetapi Masjid ini yang bangun bukan Si Pitung atau Keluarganya, hanya saja lokasi rumah si pitung denga masjid tidak terlalu jauh.

Masjid ini diperkirakan dibangun pada 1600-an.Walaupun sudah berusia 400 tahun, masjid ini cukup terawat dengan baik. Di sebelah kanan masjid terlihat adanya sumur yang sudah sejak dahulu ada, dan hingga saat ini masih digunakan.

Arsitekturnya mengingatkan pada model Masjid Demak, tetapi berskala lebih kecil dengan ukuran 10x10 m2. Atapnya yang berbentuk joglo ditopang oleh 4 pilar bulat "kuntet", seperti kaki catur, 4 piar ini memiliki makna sendiri. Mihrab yang pas dengan ukuran badan menjorok ke dalam tembok, berada di sebelah kanan mimbar.

Berbeda dengan masjid tua lain, uniknya masjid ini berplafon setinggi 2 meter dari lantai dalam. Ada juga jendela-jendela yang memiliki ciri khas, yaitu ada ukiran kayu.

Banyak cerita unik dari masjid ini salah satunya pembangunan yang diklaim selesai dalam semalam, rumah Si pitung dan benteng para pendekar melawan penjajah.Di bagian belakang serta samping masjid terdapat beberapa makam para pejuang di masa lalu.

Rekomendasi
Tutup