Melihat Percetakan Al-Quran Braille di Indonesia yang Telah Go Internasional

Tim Editor

Percetakan Al-Quran Braille

ERA.id - Yayasan Raudatul Makfufin merupakan yayasan yang menaungi para penyandang tunanetra di Jabodetabek. Berlokasi di Jl. H. Jamat Gg. Rais No.10, Buaran, Kota Tangerang Selatan, Banten, Yayasan ini menjadi rumah bagi para penyandang tunanetra untuk menimba ilmu agama.

Yayasan ini juga memiliki sebuah percetakan braille yang memproduksi Al-Qur'an, buku-buku Islam, maupun katalog lainnya dalam bentuk braille. Yayasan ini menjadi yayasan pertama yang menghasilkan karya berupa Al-Qur'an braille yang menggunakan sistem komputerisasi di Indonesia.

Sebagian besar buku diproduksi untuk kebutuhan wakaf yang nantinya dikirim ke Yayasan tunanetra lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak jarang mereka juga mendapat pesanan katalog maupun buku-buku braille lainnya.

Meski hanya dibantu dengan dua mesin dan tiga tenaga manusia, percetakan buku braille ini sudah mencetak lebih dari 1000 set AL-Qur'an dan buku braille. Percetakan ini juga pernah mengirimkan set Al-Qur'an braille hingga Singapura dan bahkan Afrika Selatan.

Tulisan braille awalnya diketik melalui komputer, lalu dicetak melalui mesin cetak khusus emboss braille di kertas, lalu dipotong menggunakan mesin. Setelah itu masuk ke proses penjilidan dan pengemasan, dan siap dikirimkan ke berbagai yayasan tunanetra di Indonesia.

Tag: tuna netra Braille

Bagikan: