Nasib Toko Buku Legendaris Kwitang

Tim Editor

Toko Buku Kwitang, Jakarta Pusat

ERA.id - Bagi para pecinta buku, membaca tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dengan membaca buku, tentunya wawasan akan semakin bertambah.

Di Jakarta sebenarnya tak sulit menemukan tempat menjajakan buku langka dengan harga miring. Salah satunya di Kwitang Jakarta Pusat.

Wajah Jakarta kali ini akan mengajak kalian melihat kondisi penjual buku di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat. Kwitang punya sejarah panjang; pernah digusur, terbakar, atau bahkan sekarang bersaing dengan online.


Tapi sebagian para pelapak ini masih tetap bertahan. Mereka menjual aneka ragam jenis buku mulai dari sejarah, pendidikan, sastra, politik, agama, sampai buku anak.

Kami pun berbincang dengan salah satu penjual buku yang telah menjajakan buku sejak tahun 90an. Perbincangan kami seputar bagaimana dia bertahan di tengah pandemi dan gempuran teknologi.

Dahulu di kawasan ini banyak penjual buku-buku bekas yang berjualan di trotoar atau kaki lima. Namun kini kawasan Kwitang sudah sepi oleh penjual buku-buku bekas di trotoar.

Sebagian dari mereka di relokasi ke berbagai kawasan di Jakarta, seperti Kenari, Blok M.

Tag: buku jakarta toko buku kwitang

Bagikan: