Pemilu Setelah Orde Baru

| 08 Jun 2018 19:58
Pemilu Setelah Orde Baru
Jakarta, era.id - Pada tanggal 7 Juni kemarin, adalah hari ketika Indonesia melakukan Pemilihan Umum pertama kali setelah runtuhnya kekuasaan dari Presiden Soeharto. Indonesia yang setelah itu dipimpin oleh BJ. Habibie.

13 bulan setelah BJ. Habibie menjadi Presiden Indonesia. Rakyat mendesak untuk dilakukannya pemilihan umum, dengan alasan untuk membersihkkan sisa-sisa pemerintahan Soeharto sebelumnya. Pemilu ini rencana awalnya akan dilaksanan pada tahun 2002. 

Satu hal yang secara sangat menonjol membedakan Pemilu 1999 dengan pemilu-pemilu sebelumnya sejak 1971 adalah Pemilu 1999 ini diikuti banyak sekali peserta. Ini dimungkinkan karena adanya kebebasan untuk mendirikan partai politik. Peserta Pemilu kali ini adalah 48 partai. Ini sudah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah partai yang ada dan terdaftar di Departemen Kehakiman dan HAM, yakni 141 partai.

Meskipun masa persiapannya tergolong singkat, pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 1999 ini bisa dilakukan sesuai jadwal, yakni tanggal 7 Juni 1999. Tidak seperti yang diprediksikan dan dikhawatirkan banyak pihak sebelumnya, ternyata Pemilu 1999 bisa terlaksana dengan damai, tanpa ada kekacauan yang berarti. Hanya di beberapa daerah tingkat II di Sumatra Utara yang pelaksanaan pemungutan suaranya terpaksa diundur suara satu pekan. Itu pun karena adanya keterlambatan atas datangnya perlengkapan pemungutan suara.

Tags :