Apa Itu Roasting dalam Stand Up Comedy?

| 05 Oct 2022 14:42
Apa Itu Roasting dalam Stand Up Comedy?
Ilustrasi stand up comedy (Unsplash)

ERA.id - Bukan berarti dipanggang seperti biji kopi, apa itu roasting dalam stand up comedy? Yuk cari tahu pengertian dan sejarahnya.

Tukang roasting akan berada di panggung untuk mengolok-olok (Unpslash)

Stand up comedy atau jika di Indonesia ada “Open Mic” adalah acara di mana satu orang tertentu diolok-olok oleh rekan-rekannya yang biasa dilakukan di depan penonton. Tukang roasting biasanya ditempatkan di panggung selama acara berlangsung.

Apa Itu Roasting?

Sementara itu ada tuan rumah yang disebut "roastmaster", biasanya ia yang membuat lelucon di pembukaan dan kemudian memperkenalkan setiap tamu. Para roaster kemudian bergiliran melakukan lelucon tentang tamu kehormatan, serta komedian lainnya di mimbar.

Roasting biasanya berakhir dengan tamu kehormatan ( roaster ) mendapatkan kesempatan untuk sanggahan terhadap semua hinaan yang dilontarkan kepadanya sepanjang malam itu.

Roast secara tradisional terdiri dari komedi penghinaan yang dikenal sangat vulgar, tetapi tetap saja, sebagian besar dianggap sebagai kehormatan besar untuk di-roasting.

Sejarah Roasting

Roasting pertama kali dimulai sebagai tradisi di New York Friar's Club. Dilansir dari Live About, roasting sudah dilakukan sejak tahun 1920-an dan roasting publik pertama menampilkan Maurice Chevalier pada tahun 1949.

Perlu diketahui, Friars' Club sudah ada sejak tahun 1904 dan pertama kali disebut sebagai Asosiasi Agen Pers. Aktor, musisi, hingga komedian bergabung. Namun tradisi roasting anggota baru dilakukan pada tahun 1949 dengan roasting pertama aktor dan penyanyi vaudeville Maurice Chevalier.

Acara roasting tidak disiarkan di televisi sampai akhir 60-an, di program Kraft Music Hall NBC (tahun 70-an juga melihat Dean Martin Celebrity Roast di NBC).

Seiring berjalannya waktu, popularitas roasting berkurang dalam sorotan Budaya New York tetapi masih ada dalam bentuk pesta pribadi yang lebih kecil yang sering kali diadakan oleh selebritis dan politisi kaya.

Barulah pada tahun 1970-an, para selebriti roasting mencapai popularitas arus utama lagi, ketika Dean Martin mulai menjadi tuan rumah di televisi di stand up comedy.

"The Dean Martin Show" tayang perdana pada tahun 1974 untuk melengkapi episode terakhir dari variety show Martin. Tayangan tersebut kemudian berlanjut ke seri "The Dean Martin Celebrity Roasts" di NBC pada akhir tahun yang sama.

The Dean Martin Celebrity Roasts ditayangkan setiap beberapa bulan sekali hingga tahun 1979. Terdapat beberapa tokoh penting dunia yang pernah diundang pada acara tersebut, di antaranya Bette Davis, Muhammad Ali , Lucille Ball, Ronald Reagan, dan Frank Sinatra.

Kemudian pada tahun 2000-an, Comedy Central menghidupkan kembali format roasting dengan mengadakan roasts yang disiarkan di televisi setiap tahun. Adapun beberapa bintang tamu acara tersebut termasuk Bob Saget, William Shatner, Pamela Anderson, dan Larry the Cable Guy.

Perlu diketahui, Larry adalah olahragawan yang sangat baik dalam hal roasting, ia telah melewati rentetan hinaan dan lelucon dengan mengorbankan karir dan kesuksesannya.

Comedy Central kini merilis satu hingga tiga dari selebriti roasting setiap tahunnya  dengan fokus pada lelucon terbesar di Hollywood — atau setidaknya mereka yang dapat menerima roasting komedi dengan tenang.

Selain apa itu roasting, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi