China Sudah Menjajah NKRI Salah Satunya Komplek Khusus Rumah Elit China Bertuliskan China, Benarkah?

| 26 Oct 2022 08:02
China Sudah Menjajah NKRI Salah Satunya Komplek Khusus Rumah Elit China Bertuliskan China, Benarkah?
Tangkapan layar (Turnbackhoax.id)

ERA.id - Sebuah akun Twitter bernama caul_tanjung mengunggah cuitan berupa video seseorang tengah menunjukkan bangunan dengan ornamen oriental dan bertuliskan huruf China.

Dalam narasinya pria tersebut mengklaim bahwa terdapat perumahan elite di perbatasan kota Jakarta dengan Bekasi yang diperuntukkan untuk orang China, dan warga pribumi hanya dijadikan sebagai satpam saja.

Tangkapan layar Turnbackhoax

Dikutip dari Turnbackhoax pada Selasa (25/10/2022), Bangunan yang diklaim merupakan perumahan elite etnis China dengan ornamen dan tulisan mandarin nyatanya adalah Old Shanghai yang merupakan destinasi wisata dan kuliner.

Kawasan Old Shanghai ini sendiri berada di boulevard yang menghubungkan wilayah Kelapa Gading di Jakarta Utara dengan kawasan Cakung di Jakarta Timur. Alamat persisnya berada di Jalan Sedayu City Boulevard, Sedayu City Kelapa Gading, Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

“Old Shanghai sudah jalan empat bulanan. Ini destinasi wisata, rekreasi, dan kuliner dengan Pecinan untuk konsep interior sama bangunan. Kalau tenant ada beberapa makanan khas Chinese, tapi ada juga yang Western dan lokal,” ujar Corporate Marketing Communication Manager, Aliya Asmadini, kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Rekomendasi