Gus Samsudin Dapat Gelar Bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta

| 28 Dec 2022 20:14
Gus Samsudin Dapat Gelar Bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta
Gus Samsudin dan Istri (Tangkapan layar)

ERA.id - Samsudin Jadab atau yang akrab disapa Gus Samsudin, pemilik Padepokan Nur Dzat Sejati viral di media sosial setelah mendapat gelar bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Ahli supranatural ini mendapat penghargaan gelar bangsawan dari Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta.

Gus Samsudin mendapat kenaikan gelar bangsawan dari Raden Tumenggung Samsudin Condrodipo menjadi Kanjeng Raden Tumenggung Condronegoro. Pemberian gelar baru ini dilakukan oleh Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah atau yang akrab disapa Gusti Moeng beberapa waktu lalu.

Pemberian gelar bangsawan ini diunggah di Channel YouTube milik Gus Samsudin.

Dalam pemberian gelar ini ia didampingi oleh sejumlah pengurus Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pokoso) Blitar, Jawa Timur.

Terkait pemberian kenaikan gelar ini, Ketua LDA Keraton Kasunanan Surakarta, Gusti Moeng menjelaskan pemberian gelar bangsawan pada Gus Samsudin ini diberikan bulan November lalu. Kenaikan gelar bangsawan ini diberikan karena Gus Samsudin dianggap sebagai tokoh masyarakat di lingkungannya.

"Kan dia sebagai tokoh masyarakat di lingkupnya dengan diberikan kepercayaan penghargaan dari Keraton. Biar semakin berbuat baik untuk lingkungannya," katanya, Rabu (28/12/2022).

Gelar ini bukan merupakan gelar pertama yang didapatkan Gus Samsudin. Sebelumnya ia sudah pernah mendapatkan gelar, sehingga ini merupakan gelar kenaikan pangkat.

"Tadinya Raden Tumenggung. Sekarang pakai gelar tambahan menjadi Kanjeng Raden Tumenggung," ucapnya.

Rekomendasi