Selain Gibran, Giliran Menkes Budi Gunadi Sadikin Dapat Gelar Bangsawan Keraton Solo

| 29 Sep 2021 14:35
Selain Gibran, Giliran Menkes Budi Gunadi Sadikin Dapat Gelar Bangsawan Keraton Solo
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin keluar dari Keraton Kasunanan Surakarta usai mendapatkan gelar kebangsawanan (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendapatkan gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Gelar ini diberikan di sela kunjungan Menkes meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (29/9/2021).

Menkes didampingi oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Sebelumnya, Gibran sendiri juga sudah mendapat gelar dari Keraton Kasunanan Surakarta satu pekan sebelumnya.

Pemberian gelar diberikan secara tertutup usai peninjauan vaksinasi. Permaisuri raja GKR Pakubuwono mengantar sejak peninjauan vaksinasi di Pagelaran, mengantar ke dalam Keraton untuk prosesi pemberian gelar hingga mengantar kepulangan Budi hingga di depan Kori Kamandungan.  

Terkait pemberian gelar ini, Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo membenarkan adanya pemberian gelar. Namun dia belum bisa menjelaskan secara detail apa gelar yang diberikan pada Menteri Kesehatan.

”Iya, dapat kekancingan (gelar kebangsawanan), tapi saya belum lihat (apa gelarnya). Nanti saya kasih tahu,” katanya usai mengantar kepergian Budi Gunadi.

Pria yang akrab disapa Gusti Dipo ini menjelaskan pemberian gelar pada Budi Gunadi dikarenakan perannya sebagai menteri yang telah bekerja selama pandemi Covid-19 ini. Ia juga menyambut baik kepedulian Budi Gunadi terhadap para abdi dalem dan warga sekitar keraton yang belum divaksin.

”Pertimbangannya, pertama kita sebenarnya sudah ada komunikasi yang baik. Kedua, beliau pejabat tinggi dan pemilihan tempatnya (vaksinasi) di sini sehingga semakin mengerti arti penting sejarah kebudayaan,” katanya.

Rencananya akan ada prosesi adat untuk melengkapi pemberian gelar ini. Namun terkait pelaksanaannya akan dilaksanakan saat waktunya memungkinkan. Selain prosesi untuk Budi Gunadi, juga akan digelar upacara adat pemberian gelar pada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

”Iya, nanti ada kalau kondisinya sudah tidak seperti ini (pandemi). Seperti orang nikahan itu, di masa pandemi ini kan nikahnya dulu, resepsinya nanti. Kalau ini (pemberian gelar) juga sama,” katanya.

Terkait pemberian gelar ini, Budi Gunadi tidak memberikan komentar sama sekali. Dirinya langsung masuk mobil dan enggan memberikan statement usai berpamitan dengan Permaisuri, GKR Pakubuwono.

Rekomendasi