Khidmatnya Salat Iduladha di Istiqlal

Tim Editor

    Suasana jelang salat Iduladha di Masjid Istiqlal. (Leo/era.id)

    Jakarta, era.id - Pelaksanaan Sholat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat berlangsung dengan khidmat. Sejumlah tokoh besar seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Archandra Tahar tampak beribadah di masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

    Tidak hanya itu, sejumlah atlet Asian Games juga sholat di masjid ini. Sesuai dengan keterangan yang diberikan panitia Asia Games 2018, Inasgoc. Selain di Istiqlal, dua lokasi lainnya yang digunakan atlet untuk salat Iduladha yakni di Masjid Albina dan di Wisma Atlet. Adapun yang menjadi imam shalat Iduladha kali ini dipimpin oleh Ketua Umum PB Al-Wasliyah Yusnar Yusuf Rangkuti. 

    Masjid Istiqlal yang mampu menampung 200 ribu jemaah nampak penuh. Kantong-kantong parkir di sekitar Istiqlal juga padat oleh kendaraan roda empat dan roda dua. 

    Sejak kemarin, protokoler Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengimbau agar masyarakat yang ingin sholat di Istiqlal datang lebih awal. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, jika warga datang sedikit siang atau pukul 06.00 WIB, kemungkinan besar akan mendapat saf salat di luar masjid. 
     

    Selain itu, pada pukul itu pula lapangan parkir di Istiqlal biasanya sudah penuh sehingga mereka harus menaruh kendaraan di luar Istiqlal. 

    "Kemudian kalau datang sudah mepet-mepet, kantong parkir disediakan sekitar di Gereja Katedral, di Lapangan Banteng depan Hotel Borobudur," terang Abu di Jakarta, Rabu (22/8/2018). 

    Terdapat beberapa titik di sekitar Istiqlal yang dijadikan lapangan parkir dadakan menyusul membludaknya kendaraan yang datang ke Istiqlal. Tempat parkir darurat tersebut di antaranya di sekitar Gereja Katherdal dan Lapangan Banteng. 

    Tahun ini tidak ada pembagian kupon daging. Menurut Abu Hurairah, daging kurban nantinya akan langsung diantarkan kepada warga-warga yang sebelumnya telah terdata. Adapun pemotongan hewan kurban sendiri rencana baru akan dilaksanakan setelah salat Asar.

    Tag: hari raya idul adha naik haji mari berkurban jusuf kalla

    Bagikan :