Tips Meningkatkan Listening Skill, Salah Satunya Nonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle

| 24 Jan 2023 08:28
Tips Meningkatkan Listening Skill, Salah Satunya Nonton Film Berbahasa Inggris Tanpa  Subtitle
Ilustrasi (Pexels)

ERA.id - Di Indonesia, materi pelajaran Bahasa Inggris telah menjadi salah satu materi wajib bagi pendidikan formal seperti SD, SMP, dan SMA.

Melansir dari Visitpare, hal tersebut dikarenakan Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang kini digunakan di berbagai negara.

Disamping itu, tidak jarang juga salah satu syarat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan perkuliahan baik di dalam maupun di luar negeri harus mengikuti tes Bahasa Inggris.

Sehingga materi belajar Bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari bagi para siswa yang tengah mengenyam pendidikan maupun masyarakat umum.

Karena nantinya dengan penguasaan Bahasa Inggris yang baik, tidak hanya memudahkan dalam mendaftar sekolah tetapi juga akan menjadi nilai tambah ketika melamar di perusahaan besar.

Terdapat 3 skill penting yang perlu dikuasai dalam proses belajar Bahasa Inggris untuk bisa memperoleh nilai IELTS dan TOEFL yang tinggi, di antaranya adalah mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing).

Listening skill atau kemampuan mendengar dalam Bahasa Inggris adalah skill dasar yang harus dipelajari sebelum berlatih berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Kemampuan listening akan sangat diperlukan untuk bisa memahami Bahasa Inggris dengan baik.

Namun, seringkali banyak yang merasa kesulitan untuk mempelajari listening karena memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Padahal terdapat beberapa cara mudah untuk meningkatkan kemampuan listening.

Lantas apa sajakah cara meningkatkan listening skill Bahasa Inggris dengan mudah dan cepat? Simak ulasan berikut:

Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle

Menonton film memang kegiatan yang menyenangkan, namun siapa yang menyadari bahwa kegiatan menonton film bisa dijadikan salah satu cara meningkatkan listening skill Bahasa Inggris dengan mudah dan cepat.

Caranya adalah dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle. Metode ini akan membuat fokus beralih ke suara daripada ke teks subtitle sehingga akan terbiasa mendengarkan percakapan yang berbahasa Inggris.

Selain itu, bisa juga dengan cara mengganti subtitle Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris. Hal tersebut akan memudahkan untuk mendengar sekaligus membaca kosakata Bahasa Inggris sehingga akan lebih mudah diingat.

Mencatat dan Memahami Kosakata Baru

Kosakata dalam Bahasa Inggris memang jumlahnya sangat banyak, jika menemui kosakata baru dalam Bahasa Inggris yang belum pernah dibaca atau didengar, segeralah mencatatnya.

Selain dicatat, pahami juga arti, makna dan pronounciation-nya agar memperkaya pengetahuan mengenai kosakata Bahasa Inggris. Hal ini nantinya juga akan meningkatkan listening skill karena akan lebih familiar dan cepat paham ketika mendengar kosakata tersebut.

Mendengarkan Podcast atau Video Berbahasa Inggris

Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan listening skill Bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan podcast atau vlog video yang berbahasa Inggris.

Metode ini akan melatih kepekaan terhadap audio yang berbahasa Inggris serta akan membuat terbiasa untuk mendengarkan dialog dalam Bahasa Inggris. Sebaiknya pilihlah podcast atau vlog yang berisikan dialog dari native speaker agar logat bahasanya lebih natural.

Berlatih dengan Mendengar Orang Lain Berbicara

Selain mendengarkan dialog di konten podcast ataupun vlog video, cara meningkatkan listening skill Bahasa Inggris yang lain juga bisa dengan mendengarkan orang berbicara secara langsung.

Berlatihlah dengan mendengar guru, keluarga atau teman disaat mereka berbicara dengan Bahasa Inggris. Perhatikan dengan seksama dan ingat poin-poin penting dari setiap pembicaraan yang didengar. Metode ini akan menjadi lebih efektif jika yang berdialog adalah native speaker, sehingga bisa mendengarkan dialog Bahasa Inggris langsung dari penutur aslinya.

Selain meningkatkan kemampuan listening skill, cara ini secara tidak langsung juga akan melatih speaking skill. Demikianlah tadi beberapa cara meningkatkan listening skill Bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi