Aturan Main Pencak Silat di Asian Games

Tim Editor

Pesilat Indonesia Aji Bangkit Pamungkas. (Foto: www.asiangames2018.id)

Jakarta, era.id - Cabang olahraga pencak silat menjadi lumbung medali emas bagi Indonesia di perhelatan Asian Games 2018. Totalnya sebanyak delapan medali berhasil direbut para pesilat Indonesia di ajang olahraga terbesar se-Asia ini. Perolehan tersebut menempatkan Indonesia di peringkat empat dengan perolehan sementara 20 medali emas.

Supaya kamu tahu, pencak silat merupakan salah satu cabor baru dalam Asian Games kategori bela diri. Seni bela diri ini memang sangat identik dengan budaya Indonesia. Pencak silat pada umumnya lebih dekat dengan seni bela diri tradisional Indonesia. Oleh sebab itu, jenis pencak silat pun sangat beragam, hampir di setiap daerah memiliki seni bela diri tersendiri yang biasa dikatakan sebagai sebuah silat. 

Untuk sistem pertandingannya, pencak silat memiliki beberapa kriteria. Yaitu, kemahiran dalam menyerang, kemahiran dalam bertahan, kemahiran dalam menjatuhkan, kemahiran dalam mengunci. 

Pertandingan pencak silat terbagi tiga babak dengan durasi per babak adalah dua menit, serta mendapatkan jatah istirahat per babak selama satu menit. 


(Infografis cabor baru di Asian Games 2018/era.id)

Selain itu, dalam pertandingan pencak silat, tidak bisa serta merta menyerang beruntun tanpa arah dan lebih dari empat kali kombinasi. Sedangkan untuk ketentuan kemenangan dalam pencak silat, seperti halnya seni bela diri lainnya, pemenang dapat di hitung melalui poin dalam pertandingan. 

Perolehan poin juga mirip dengan seni bela diri lainnya, di mana salah satu pemain dapat mendominasi dengan melakukan serangan yang terarah dan teratur kepada lawannya. 

Selain itu, penentuan pemenang dapat dilihat dari segi teknik. Penilaian dapat dilakukan apabila beberapa kategori terpenuhi seperti halnya lawan menyerah dan mengundurkan diri karena tidak dapat melanjutkan pertandingan. Atau, keputusan dokter dalam pertandingan mengenai kondisi dan kemampuan pemain, serta karena permintaan pelatih. 

Selain itu ada beberapa kategori memenangkan pertandingan pencak silat, salah satunya menang karena pertandingan tidak seimbang, menang mutlak yaitu ketika lawan terjatuh lantaran serangan yang sah dan tidak bangun atau tidak sadar saat wasit menghitung sampai 10 detik.


Pesilat Indonesia Aji Bangkit Pamungkas. (Foto: www.asiangames2018.id)

Selanjutnya, mengenai sistem penilaian, setiap pemain memperoleh satu poin apabila berhasil menangkis atau menghindar dari serangan dan melakukan serangan balik, berikutnya 1 poin apabila berhasil menangkis atau menghindar dari serangan dan membalas dengan cara menjatuhkan lawan. 

Perolehan dua poin apabila berhasil melancarkan serangan kaki tepat pada sasaran. Tiga poin apabila berhasil menjatuhkan lawan. Terakhir, empat poin apabila berhasil mengunci gerakan lawan. Untuk mendapatkan poin dalam melancarkan serangan, ada beberapa sasaran yang sah seperti, dada, perut, pinggang kiri atau kanan dan punggung.

Tag: asian games 2018 asian para games 2018 relawan asian games 2018

Bagikan: