Fakta Azura Luna, Sosialita Asal RI yang Tipu Anak Joe Biden hingga Diburu Interpol

| 01 Mar 2023 15:00
Fakta Azura Luna, Sosialita Asal RI yang Tipu Anak Joe Biden hingga Diburu Interpol
Azura Luna (Instagram)

ERA.id - Azura Luna merupakan nama perempuan yang sempat mencuri perhatian publik. Ia menuai sorotan usai ketahuan menipu banyak orang di luar negeri, termasuk anak Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Dilansir dari berbagai sumber, nominal hasil penipuan yang dilakukan Azura Luna mencapai Rp7 miliar. Akibat penipuan yang dilakukannya ini, Azura bahkan menjadi salah satu buronan yang diburu oleh Interpol. Berikut beberapa fakta tentang Azura Luna.

1. Berasal dari Kediri

Azura Luna diketahui berasal dari Kediri, Jawa Timur, Indonesia. Ia lahir pada 27 Oktober 1978 dan memiliki nama asli Enjang Widhi Palupi.

Azura sempat mengenyam pendidikan di SMA 2 Kediri, dan lulus pada tahun 1996 lalu. Setelah itu, Azura melanjutkan sekolah ke Akademi Bahasa Asing (ABA), namun tak melanjutkan pendidikannya hingga usai.

2. Memalsukan identitas

Perempuan 43 tahun ini memalsukan identitasnya untuk memperlancar aksi penipuannya. Selain nama, ia juga memalsukan latar belakang pendidikannya.

Azura mengaku sebagai lulusan dari Harvard University dan Brown University. Ia juga mengaku sebagai anak salah satu dari 10 orang terkaya di Indonesia.

3. Menipu orang kalangan atas

Korban penipuan Azura Luna bukan dari kalangan biasa, tetapi dari kalangan atas seperti pengusaha hingga anak presiden. Salah satu korban penipuan Azura adalah Brad Krik, seorang pengusaha hotel ternama.

Brad Krik dan Azura Luna bahkan sempat menikah, hingga akhirnya memutuskan bercerai. Selama menjadi istri Brad Krik, Azura mendapatkan uang bulanan mencapai Rp2,1 miliar.

Korban penipuan Azura lainnya adalah anak Presiden Joe Biden, yakni Hunter Biden. Aksi penipuan Azura Luna ini akhirnya berhasil dibongkar oleh kepolisian Hongkong, hingga akhirnya ia menjadi buronan internasional Interpol. Azura sendiri diketahui terakhir kali berada di Indonesia dan kabur ke Singapura pada 2018 lalu.

Rekomendasi