Amerika Siap Lanjutkan Perundingan dengan Korea Utara

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Amerika Serikat mengatakan siap melanjutkan pembicaraan dengan Korea Utara setelah Pyongyang pada Rabu berjanji akan melucuti fasilitas-fasilitas peluru kendali dan mengisyaratkan menutup kompleks nuklir utamanya, Yongbyon. 

Dilansir dari Antara, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan ia telah mengundang menteri luar negeri Korea Utara untuk bertemu di New York pekan depan. Undangan disampaikan setelah pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan melakukan pertemuan puncak di Pyongyang, kemarin, Rabu (19/9/2018).

Pertemuan antara menteri luar negeri itu ditujukan untuk menyelesaikan penghapusan senjata nuklir Korea Utara hingga Januari 2021.

Amerika Serikat tampaknya bersemangat untuk menangkap komitmen-komitmen yang dinyatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat pertemuannya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, walaupun para pengkritik mengatakan langkah-langkah yang telah ditempuh sebelumnya tidak terlalu berpengaruh untuk membuat Pyongyang menghapuskan senjata nuklirnya.

Saat jumpa pers bersama Kim setelah pertemuan di Pyongyang, Moon mengatakan Korea Utara akan mengizinkan para pakar dari negara-negara terkait untuk memantau penutupan lokasi uji coba mesin rudal dan landasan peluncur di Dongchang-ri.

Moon menambahkan, Korea Utara juga akan mengambil langkah-langkah tambahan, seperti menutup kompleks nuklir Yongbyon jika AS mengambil langkah timbal balik.

Kebangkitan diplomasi itu tiba-tiba muncul setelah pemerintahan Presiden AS Donald Trump diliputi keraguan selama berminggu-minggu soal apakah Korea Utara bersedia berunding secara jujur setelah pertemuan puncak antara Trump dan Kim pada Juni membuahkan sedikit hasil nyata.

Januari 2021 menjadi tenggat paling rinci yang dibuat atas proses untuk membuat Korea Utara mengakhiri program nuklirnya, yang kemungkinan mengancam sekutu AS, yakni Korea Selatan dan Jepang, juga tanah air AS.

Selain mengundang Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho untuk bertemu saat keduanya hadir di New York pekan depan, dalam rangka pertemuan tahunan para pemimpin dunia pada Majelis Umum Perserikata Bangsa-bangsa, Pompeo mengatakan Washington juga telah mengundang para utusan Pyongyang untuk melakukan pembicaraan dengan perwakilan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, di Vienna sesegera mungkin.

Pompeo melihat keputusan Kim untuk menyelesaikan perlucutan fasilitas senjata nuklir yang telah diumumkan sebelumnya, di tengah kehadiran para pemantau AS dan internasional, sebagai langkah menuju penyelesaian penghapusan senjata nuklir Korea Utara.

Tag: donald trump upaya damai as-korut pertemuan trump-kim jong un memukau amerika serikat korea utara

Bagikan: