Ngawur! Acara Brownis Undang Difabel dan Disuruh Senam Bersama, Pembawa Acara Sibuk Tertawa

| 26 May 2023 15:27
Ngawur! Acara Brownis Undang Difabel dan Disuruh Senam Bersama, Pembawa Acara Sibuk Tertawa
Tangkapan layar potongan video Brownis.

ERA.id - Acara gelar wicara Brownis di salah satu TV nasional kembali menghebohkan publik dengan mempertontonkan tayangan kontroversial yang tak pantas dan melanggar peraturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Acara yang dipandu oleh Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Ayu Tingting, dan Wendi itu mengundang para bintang tamu penyandang disabilitas, mulai dari yang memakai tongkat jalan hingga duduk di kursi roda, lalu menyuruh mereka senam bersama mengikuti instruktur di depan mereka.

Dalam potongan video yang dibagikan akun Twitter @siegblackmoon dan ramai di media sosial, tampak para bintang tamu diminta berdiri dan berbaris sejajar dengan para pembawa acara. Sementara itu, seorang instruktur senam dengan gaya gemulai yang berlebihan memimpin mereka untuk senam bersama.

Beberapa bintang tamu tampak kebingungan saat musik disetel dan instruktur senam mulai memperagakan banyak gerakan dengan aktif. Di sisi lain, Ayu Tingting terlihat meringis cekikikan dan Ivan Gunawan berjoget dengan heboh sambil tertawa-tawa.

Seorang bintang tamu yang berdiri dengan satu kaki kiri dan ditopang tongkat di sebelah kanannya hanya tersenyum canggung di belakang.

Sontak saja tayangan itu dihujat netizen ramai-ramai karena dianggap melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI Bab XI yang mengatur soal perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu.

Dalam Pasal 15 P3SPS KPI jelas dicantumkan bahwa lembaga penyiaran tidak boleh menyajikan program yang menertawakan, merendahkan, dan menghina orang atau kelompok masyarakat marginal; punya orientasi seks tertentu; memiliki cacat fisik atau mental; dan mengidap penyakit tertentu.

"Mau gimanapun kalo masih pada nonton mah ni acara bakal tetep hidup, mending skip acara acara yang ngga bermutu biar mereka hilang secara perlahan," tulis akun @rvFat***.

"Maunya kreator ngelucu, tp ga punya empati or simpati, respect nya minim nol segelondong," komentar akun @Zhe_Zha_***.

"Pembawa acara stress, tim kreatif goblok, dah ga ngerti lagi buat bedain orang bego sama yg gak punya empati," timpal akun @look_ell***.

Kami sudah berupaya menghubungi pihak KPI Pusat, tetapi hingga saat ini belum mendapat respon terkait tayangan Brownis tersebut.

Rekomendasi