Puncak Bulan Bung Karno, GBK Memerah Dipadati Kader PDIP

| 24 Jun 2023 11:07
Puncak Bulan Bung Karno, GBK Memerah Dipadati Kader PDIP
DPP PDIP menggelar perayaan puncak Bulan Bung Karno (BBK) yang digelar di Stadion GBK, Jakarta, Sabtu (24/6/2023). (Gie/ERA.id)

ERA.id - Ratusan ribu massa kader PDI Perjuangan mulai memadati Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023). Mereka datang untuk menghadiri acara puncak Bulan Bung Karno (BKK).

Para kader datang dengan menggunakan bus dari luar kota hingga kendaraan pribadi.

"Semua datang bergembira. Ada yang menggunakan motor, ada yang menggunakan kapal laut, bus, semua bersiap-siap dengan penuh semangat dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno yang merupakan acara terbesar sejak 1999," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di kawasan SUGBK, Sabtu (24/6/2023).

Hasto bilang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal menyampaikan pidato politik di hadapan ribuan kadernya. Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ganjar Pranowo sebagai capres serta Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Adapun puncak acara bakal digelar pada pukul 13.00 WIB. "Nanti tentu saja (ada, red) sambutan dr Mbak Puan, dari Pak Ganjar Pranowo kemudian juga dari Ibu Megawati Soekarnoputri, dan Presiden jokowi," ujar Hasto.

"(Ini, red) merupakan satu rangkaian kegiatan yang menarik untuk dikemas sebagai cermin konsolidasi partai," sambungnya.

Lebih lanjut, Hasto bilang sejumlah undangan seperti ketua umum partai lain juga akan hadir. Di antaranya Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

"Dan ada beberapa perwakilan partai seperti Golkar, kemudian ada dari PKB, ada dari PAN, dan lain-lain," ujarnya.

Sementara dari Demokrat, Hasto bilang dirinya sudah membicarakan acara puncak BBK dengan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya. Tapi, dia tak mengundang untuk menjaga etika politik karena partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono sudah menjalin kerja sama politik dengan NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Yang penting kita komunikasi secara intens dan setelah ini kita lanjutkan apa yang sudah dilakukan antara Mbak Puan Maharani dan Mas AHY," jelas Hasto.

Sebelumnya, PDIP akan menggelar konsolidasi akbar bertema 'Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya' pada Sabtu, 24 Juni mendatang. Ratusan ribu kader partai berlambang banteng itu diperkirakan akan memadati kawasan GBK.

"Jadi sangat luar biasa kegiatan ini akan dihadiri seluruh peserta dari seluruh Indonesia yang diasumsikan mencapai 100 ribu orang," kata Ketua Panitia Bulan Bung Karno, Rano Karno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/6)

Rekomendasi