Perbedaan Vlogger dan Content Creator yang Harus Kamu Tahu!

| 20 Jul 2023 09:50
Perbedaan Vlogger dan Content Creator yang Harus Kamu Tahu!
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Jika berbicara mengenai vlogger maupun content creator tentu saja banyak yang merasa tidak asing dengan keduanya. Faktanya sekarang profesi tersebut digeluti kalangan anak muda untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Menariknya jika mereka fokus menciptakan konten berkualitas dan disukai banyak orang. Maka hal tersebut bisa menjadi feed back bagi mereka untuk memperoleh penghasilan.

Berbekal teknologi yang begitu canggih memungkinkan anak milenial semakin aktif berkreasi. Baik itu sebagai vlogger bahkan juga conten creator. Dari sini kita akan membahas kedua bab tersebut lebih meluas di sini.

Sebetulnya vlogger itu seperti video blogger. Jadi menyangkut tentang beragam hal seperti halnya komunikasi berbasis gambar maupun teks. Hanya saja untuk vlogger formatnya memang dalam bentuk sebuah video.

Modal utama yang harus mereka miliki sudah pasti harus lebih pandai berbicara ketika berada di depan kamera. Hal tersebut memungkinkan kamu berbicara dengan banyak orang hanya melalui kamera yang kamu rekam.

Apalagi vlogger juga sudah berpartisipasi pada program mitra kerja sekaligus memonetisasi videonya dengan iklan. Dari situ penghasilan melalui vlogger bisa dilakukan. Agar mampu memberikan hasil vlog berkualitas sebetulnya mudah. video yang nanti akan dibuat diproduksi berkala sekaligus dipublikasikan lewat akun youtube kamu.

Adapun kelebihan menjadi seorang vlogger tentu beragam sekali. Ada baiknya simak ulasan berikut:

•    Lebih fleksibel sebab tidak terbatas waktu.

•    Ide konten tidak terbatas sebab bayak ide kreatif bisa disalurkan.

•    Modalnya minim.

•    Penghasilan cukup menjanjikan.

Pengertian dari Content Creator

Content creator merupakan profesi pembuat konten, baik berupa tulisan, video, gambar maupun lainnya. Konten yang dibuat nantinya diunggah melalui media sosial. Seperti youtube, blogger, instagram maupun yang lain. Sekarang sudah banyak para konten kreator sukses dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebetulnya menjadi konten kreator bukan hal yang terbilang mudah dilakukan. Sebab semuanya dibutuhkan keahlian agar mampu menjalankan profesi tersebut. Seringkali konten yang dibuat seseorang sesuai hobi yang mereka miliki. Kamu harus mampu mempersiapkan ide maupun topik yang dibahas. Usahakan kontennya benar berkualitas serta bermanfaat untuk banyak orang. Jangan lupa juga lebih fokus terhadap satu tema supaya kamu semakin mudah mencari idenya secara mendetail.

Seperti halnya ketika kamu menjadi conten creator video youtube. Kamu harus mampu menentukan satu tema terkait konten yang akan dibahas nanti. Semisal saja mengenai informasi sepakbola, maka kamu harus mampu mencari bahan terkait sepakbola.

Berprofesi sebagai konten kreator pasti merasa senang sekali. Dari situ bukan hanya bisa menuangkan segala ide maupun kreativitas. Tetapi juga bisa memperoleh penghasilan tambahan. Banyak dari para kreator membuktikan hasilnya. Tidak ada salahnya kamu mencoba peruntungan tersebut.

Mungkin kedua profesi di atas tidak terpikirkan oleh banyak orang. Padahal sebetulnya mampu dijadikan pekerjaan alternatif dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Yang terpenting kamu harus rutin membuat konten berkualitas.

Umumnya orang Indonesia kebanyakan berpikiran jika pekerjaan tersebut tidak menghasilkan. Padahal jika kita mampu berkreativitas sekaligus membuat konten berkualitas nantinya bisa memunculkan pundi rupiah dalam jumlah cukup fantastis.

Profesi sebagai konten kreator sempat dianggap remeh dan sebelah mata. Padahal jika menekuni bisa mendapatkan pundi rupiah dari profesi tersebut. Mungkin banyak pula yang belum paham mengenai apa saja kelebihan menjadi seorang content creator. Tentu saja ada beberapa kelebihan yang bisa diperoleh yakni:

•    Dikenal oleh banyak orang

•    Mempunyai kredibilitas

•    Sebagai investasi

•    Berpengaruh dan didengarkan

•    Mempunyai pasar tertarget

•    Memiliki jaringan lebih meluas

•    Membuka peluang usaha lebih besar

Itulah tadi sekilas ulasan mengenai vlogger maupun content creator yang perlu diketahui. Semoga saja dengan hadirnya ulasan di atas membuat para anak muda semakin tertarik dengan kedua profesi tersebut. Apalagi sekarang keduanya bisa membuat kamu memperoleh penghasilan tambahan dengan memunculkan konten berkualitas.

Rekomendasi