Tarian Memukau di Pembukaan Asian Para Games

| 06 Oct 2018 20:32
Tarian Memukau di Pembukaan Asian Para Games
Pesta pembukaan Asian Para Games 2018 di SUGBK (Foto: Twitter @kemkominfo)
Jakarta, era.id - Pesta pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (6/10/2018) malam, menampilkan banyak suguhan hiburan. Di antaranya adalah tarian memukau dari duet penari asal Filipina Julius Jun Obero dan Rhea Marquez di atas kursi roda.

Dilansir dari Antara, tarian tersebut terinspirasi dari bunga wijaya kusuma, bunga langka yang hanya mekar di malam hari dan harum mewangi. Bunga ini tak bisa dianggap sebelah mata.

Bagi Keraton Yogyakarta dan Surakarta, bunga ini memiliki arti khusus. Dalam bahasa Sansekerta, 'wijaya' artinya 'kemenangan' dan bunga ini dipercaya membawa berkah bagi para raja.

Bunga yang mekar saat bulan bercahaya dihadirkan dengan indah melalui tarian Julius Jun Obero, yang diikuti penari Rhea Marquez.

Keduanya dikelilingi 'Bunga Kemenangan' yang diproyeksikan laser mengikuti pergerakan mereka. Mereka melakukan 'Pas Des Deux' bersamaan dengan mekarnya bunga di layar Tarian harmonis ini melambangkan kemenangan, seperti bunga yang mekar di layar. Kemenangan yang datang dari persatuan harmonis dari masyarakat yang bertoleransi dan menerima satu sama lain, meski berbeda.

Penari duet dari Fiipina ini adalah saksi hidup bahwa seni tak mengenal batas. Keduanya sering mengikuti berbagai kejuaraan tari internasional dengan penampilan mereka yang memukau dan memenangkan banyak medali emas.

 

Selanjutnya, ada penampilan dari aktor Reza Rahadian Matulessy dan aktivis tuli Surya Sahetapy yang mempersembahkan dialog refleksi kehidupan yang merangkul keberagaman. Pertunjukan ini terinspirasi dari kelima sila yang ada pada Pancasila.

Surya Sahetapy adalah seorang aktivis tuli dan orang yang berpengaruh di media sosial. Putra dari artis Dewi Yull dan Ray Sahetapy itu juga dikenal sebagai pejuang hak masyarakat Tuli di Indonesia. Ia adalah penerima beasiswa di RIT/NITD (Rochester Insititute Technology/National Technical Institute for The Deaf).

Sementara Reza Rahadian Matulessy adalah aktor andalan Indonesia yang sudah membintangi banyak film populer tanah air. Reza membacakan dialog berjudul 'Refleksi' yang diterjemahkan ke dalam bahasa isyarat oleh Surya.

 

Asian Para Games ini akan digelar 6 hingga 13 Oktober 2018 yang melibatkan 2.762 atlet dari 43 negara. Mereka akan bertanding di 512 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga, selain 16 nomor pertandingan non-medali pada cabang para-atletik dan para-renang. 

Rekomendasi