Operasi Pelenyapan Jamal Khashoggi Dipimpin Pejabat Tinggi

Tim Editor

Jamal Khashoggi (Foto: Instagram pribadi)

Jakarta, era.id - Media CNN Internasional mendapat informasi dari sumber mereka yang terpercaya soal perkembangan kasus Jamal Khashoggi. Operasi interogasi, upaya penculikan dan akhirnya pelenyapan Khashoggi diatur oleh pejabat tinggi di Arab Saudi.

CNN menulis, operasi senyap ini dilakukan dan dipimpin elite-elite dari Saudi. Termasuk pejabat di dinas intelijen hingga salah satunya seorang petugas yang berada dalam lingkaran Putra Mahkota Mohammed bin Salman.


Mohammed bin Salman (Sumber: Instagram/@special_royal)

Kebetulan sekali, raibnya Khashoggi memang terus dikaitkan dengan Mohammed bin Salman. Khashoggi pernah menulis di surat kabar al-Hayat, mempersoalkan reformasi kerajaan Arab Saudi di bawah kepemimpinan Mohammed bin Salman yang dianggap sering membuat aturan-aturan buruk. Akibat tulisan itu, Khashoggi mendapat peringatan bahkan tulisannya diturunkan oleh al Hayat. Setelah itu, barulah Khashoggi pergi meninggalkan Arab Saudi ke Amerika Serikat.

Belum ada fakta kalau Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang jadi top leader dari operasi ini. Namun CNN mengutip dari sejumlah pernyataan pejabat AS, kecil kemungkinan operasi kategori seperti ini tidak diketahui pucuk pimpinan.

2 Oktober lalu, Khashoggi datang ke Konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurus surat-surat rencana pernikahannya dengan tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz. Namun sejak itu juga Khashoggi tak pernah lagi terlihat wujudnya.

Informasi lainnya yang didapat dari pejabat Turki adalah, tubuh Khashoggi sudah dimutilasi setelah dibunuh di konsulat. Otoritas Turki yakin, di hari raibnya Khashoggi, Istanbul kedatangan 15 orang asal Saudi yang diduga kuat bagian dari operasi ini.

Salah satunya yang terdeteksi adalah Salah Muhammad al-Tubaiqi, kepala kedokteran forensik di Kementerian Dalam Negeri Saudi. Anggota lainnya adalah Muhammad Saad al-Zahrani, yang pernah tertangkap kamera muncul bersama Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.
 

Tag: jamal khashoggi

Bagikan: