Penyiksaan Khashoggi: Dicekik Hingga Tewas Lalu Dimutilasi

Tim Editor

Jamal Khashoggi (Instagram)

Jakarta, era.id - Kantor Kejaksaan Turki yakin kalau Jamal Khashoggi sudah dimutilasi oleh tim eksekutor. Proses penyiksaan hingga pemotongan Khashoggi dilakukan di Konsulat Saudi di Istanbul.

Pernyataan terbaru dari kejaksaan Turki ini semakin mempertegas dan menjelaskan bagaimana misteri kematian kolumnis Washington Post itu terjadi. Sebelum mutilasi dilakukan, Khashoggi dicekik terlebih dahulu hingga tewas kehabisan napas.

"Tubuh korban terpotong-potong dan hancur setelah kematiannya karena mati lemas," kepala kejaksaan di Turki seperti dilansir Hurriyet Daily News, Kamis (1/11/2018).

Kejaksaan Turki yakin kalau ini adalah bagian dari yang sudah disusun dengan matang. "Sesuai dengan rencana yang dibuat sebelumnya, korban Jamal Khashoggi, tersedak sampai mati segera setelah memasuki Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018," kata jaksa lagi.

Menjadi pertanyaan besar, di mana jenazah Khashoggi? CNN mengaku mendapatkan narasumber yang dekat dengan kerajaan Saudi. Orang tersebut bilang sebenarnya pihak kerajaan tidak tahu lokasi Khashoggi berada.



Jenazah Khashoggi yang sudah terpotong-potong, kemudian diserahkan kepada agen lokal Saudi. Makanya Turki mendesak para pejabat Saudi untuk menjelaskan lokasi pembuangan Khashoggi.

"Kami telah meminta informasi dari para pejabat Saudi mengenai keberadaan badan Jamal Khashoggi dan identitas kolaborator lokal. Kami juga mencatat bahwa Arab Saudi harus mengekstradisi ke-18 tersangka ke Turki sehingga mereka dapat dimintai pertanggungjawaban atas apa yang mereka lakukan," seorang pejabat Turki senior mengatakan kepada CNN.

Meski Jaksa Agung Saudi, Sheikh Saud al-Mojeb datang ke Istanbul supaya mengetahui proses masalah, Turki pesimistis. Mereka menduga kalau Saudi lebih tertarik untuk mencari tahu bukti apa saja yang sebenarnya dipegang penyelidik Turki terkait kematian Khashoggi.

"Para pejabat Saudi tampaknya terutama tertarik untuk mencari tahu bukti apa yang dimiliki pihak berwenang Turki terhadap para pelaku. Dengan kata lain, kami tidak mendapat kesan bahwa mereka benar-benar ingin bekerja sama dalam penyelidikan," kata pejabat itu.

Tag: jamal khashoggi

Bagikan: