Hottest Issue Siang, Selasa 30 Oktober 2018

Tim Editor

Ilustrasi (Audrey/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat siang para pembaca era.id. Kami kembali dengan fitur khusus yang menyajikan lima berita paling populer sejak pagi tadi. Selain perkembangan kabar dari peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, kami juga menyuguhkan informasi tentang dipecatnya pelatih Real Madrid, gempa di selat Sunda, critical eleven, dan bakal dihapusnya tombol 'like' pada Twitter. Berikut lengkapnya.

1. Madrid Pecat Lopetegui

Julen Lopetegui resmi dipecat dari jabatan pelatih Real Madrid, Senin (29/10/2018) malam waktu Spanyol. Melalui laman situs resminya, Los Blancos sekaligus mengumumkan penunjukkan Santiago Solari sebagai pelatih sementara.

Lopetegui secara resmi menjabat sebagai pelatih Madrid sejak 12 Juni-29 Oktober 2018, atau tidak lebih dari 140 hari, durasi tersingkat di antara 10 pelatih terakhir Madrid. Dalam durasi tersebut Lopetegui mendampingi Madrid di 14 pertandingan kompetitif dan hanya bisa memenangi enam di antaranya, sementara menelan kekalahan di enam laga lainnya.


Julen Lopetegui (MadridistaTV)

Baca Juga : Lopetegui Pelatih Madrid Paling Singkat

2. Tubuh Bayi Korban JT 610 

Bagian tubuh bayi yang diduga salah satu korban dalam kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 ditemukan, Selasa (30/10/2018). Wakapolri Komjen Pol. Ari Dono mengatakan, dirinya telah menyaksikan kondisi jenazah para korban jatuhnya pesawat yang akan menuju Pangkalpinang yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin kemarin termasuk bayi tersebut.

Sejauh ini, total ada 24 kantong jenazah yang telah dibawa ke RS Polri Raden Said Sukanto. Namun Ari Dono menegaskan, meski ada 24 kantong jenazah bukan berarti ada 24 jenazah yang dibawa ke rumah sakit. Sebab, saat ditemukan, kondisi jenazah sudah tidak utuh lagi.

Baca Juga : Bagian Tubuh Bayi Korban Lion Air JT 610 Ditemukan

3. Critical Eleven Saat Terbang

Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang, jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) pagi. Pesawat nahas itu hilang kontak 13 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada pukul 06.20 WIB.

Dalam dunia kedirgantaraan, rentan waktu nol sampai 11 menit dikenal sebagai critical eleven. Kondisi tersebut menjadi waktu-waktu kritis dalam penerbangan di mana selama rentang waktu itu pilot hanya memiliki ruang gerak yang terbatas untuk mengendalikan pesawat saat lepas landas maupun mendarat. Sehingga bila terjadi gangguan teknis pilot akan kesulitan dalam melakukan upaya penyelamatan.

Baca Juga : Critical Eleven, Waktu Krusial dalam Penerbangan


Ilustrasi (Pixabay)

4. Gempa Guncang Selat Sunda

Gempa terjadi di selat Sunda tepat pukul 04.11 WIB. Lokasi gempa ada di dalam laut, 140 km sebelah barat daya Pandeglang dengan kedalaman 10 km. BMKG menegaskan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami

Getaran yang dirasakan (MMI) III Malingping, III Binuangeun, III Panimbangan, III Wanasalam, III Kerta, III Cimandiri Laut, II Ciputat.  Maksud huruf romawi II-III adalah klasifikasi kekuatan getaran. Angka itu masuk kategori lemah dengan tak ada kerusakan bangunan.

Baca Juga : Subuh Tadi, Gempa Sempat Guncang Selat Sunda


Ilustrasi (Twitter @BMKB)

5. Twitter Hapus Tombol Like

Twitter dikabarkan akan menghapus tombol 'like' (menyukai) berbentuk hati di bawah kicauan untuk memperbaiki kualitas berdebat di platform mikroblog tersebut. Tombol 'like' dianggap sebagai simbol pengakuan dari orang lain di mana pengguna media sosial yang sudah ketergantungan akan menghapus unggahan jika tidak mendapat banyak 'like'.

Tahun ini, Twitter membuat fitur 'bookmark' agar pengguna bisa menyimpan cuitan secara private dan ini disebut sebagai salah satu cara Twitter untuk mengganti sistem 'like' di dunia maya. Juru bicara Twitter menyatakan mereka sedang mencoba berbagai kemungkinan demi membuat aktivitas yang sehat di platform tersebut. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan Twitter akan mengganti tombol ini.

Baca Juga : Twitter Bakal Hapus Tombol 'Like' Berbentuk Hati


Tangkap layar posisi tombol 'like' pada status Twitter

Tag: lion air jatuh

Bagikan: