KNKT Kantongi Keterangan Pilot Lion Air Nahas Rute DPS-CGK

Tim Editor

KNKT dalam konferensi pers (FOTO: Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah mengantongi informasi dari pilot pesawat Lion Air yang sama dengan JT 610 dengan penerbangan Denpasar-Jakarta malam sebelum peristiwa kecelakaan.

Wakil Ketua KNKT, Haryo Satmiko mengatakan, informasi tersebut terkait dengan keluhan penumpang Lion Air Denpasar-Jakarta yang mengalami masalah sebelum keberangkatan.

"Apa yang menjadi masukan masyarakat sudah kami lakukan termasuk yang beredar di medsos kami sudah mendapatkan informasi dari pilot yang terbang dari Denpasar," kata Haryo di Kantor KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018).

Haryo bilang, keterangan dari pilot tersebut menjadi salah satu data yang akan diakumulasi sebagai bahan verifikasi masalah yang menyebabkan jatuhnya pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang tersebut.

"Data itu kemudian kita verifikasi dan kita konfirmasi ke sumbernya. Karena sumbernya adalah operator, secara hukum KNKT berhak melakukan investigasi dan verifikasi ke operator, maka itu yang kita lakukan," ucap dia.

Keterangan dari pilot, lanjut Haryo, belum sepenuhnya bisa dikonfirmasi karena merupakan informasi yang dituturkan oleh manusia.



"Data yang kita dapatkan berupa verbal yang mana menurut kemampuan manusia, kemampuan otak itu terbatas. Setelah kita verifkasi nanti kita akan bandingkan dengan data yang ada di black box," tuturnya.

Haryo melanjutkan, Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2009 yang menjadi dasar hukum investigasi KNKT menyebutkan bahwa data itu bersifat rahasia. Makanya, Haryo bilang ia tidak dapat mebeberkan hasil keterangan yang didapat.

"Benar, pesawat tersebut terbang dari Denpasar ke Jakarta. Sampai di Jakarta jam 4.55 UTC atau kurang lebih jam 20.55 WIB. Pesawatnya mendarat selamat. Itu yang bisa kita verifikasi," ucap Haryo.

"Kita sudah melakukan komunikasi dengan penerbangnya, tapi datanya dengan sangat menyesal belum bisa disampaikan karena harus kita verifikasi. Kita juga harus hati hati," tambahnya.

Mulanya, beredar informasi yang bersumber dari unggahan presenter olah raga, Conchita Caroline di akun Instagramnya. Conchita diketahui menjadi penumpang pesawat Lion Air yang sebelumnya berangkat dari Denpasar menuju Jakarta. Conchita mengakui, pesawat sempat delay beberapa menit, mesin pesawat beberapa kali mati dan AC sempat tidak berfungsi.

Tag: lion air jatuh

Bagikan: