Hottest Issue Malam, Rabu 31 Oktober 2018

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Selamat malam pembaca setia era.id. Izinkan kami kembali menyajikan Hottest Issue, yang merupakan lima berita terpopuler yang terjadi sejak siang hingga sekarang. Lima berita ini, kami disajikan secara singkat dan padat. Selamat menikmati!

1. Putri Ayako Jadi Warga Biasa

Putri Ayako dari Kekaisaran Jepang menikahi pria dari kalangan jelata Kei Moriya. Pernikahan ini membuatnya jadi wanita terakhir monarki Jepang yang meninggalkan status bangsawan.

Dari rekaman yang ada, sang putri terlihat mengenakan kimono istana beberapa lapis dan model rambut khas dari bangsawan kekaisaran. Sedangkan pengantin pria mengenakan tuksedo hitam dengan celana panjang abu-abu. Mereka menjalani ritual di kuil yang didedikasikan untuk mengenang kakek buyut sang putri, Kaisar Meiji.

Para bangsawan Jepang telah diberi kebebasan untuk menikahi siapa yang mereka pilih setidaknya selama tiga generasi. Putri Ayako harus meninggalkan status kekaisarannya karena dia menikahi seorang pria jelata.



2. Main Body Lion Air Belum Ditemukan

Tim gabungan Basarnas tengah menelusuri titik jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Titik selusur ini berdasarkan informasi dari saksi mata yang merupakan masyarakat sekitar, saat mendengar suara jatuhnya pesawat.

Lokasi yang didapat dari dugaan saksi tersebut masih berada dalam wilayah radius pencarian Basarnas. Perkiraannya, lokasi tersebut merupakan tempat jatuhnya badan utama (main body) pesawat.

Pencarian dilakukan dengan menggunakan enam helikopter untuk pencarian dari udara, dan juga melaksanakan pencarian di bawah air dengan mengerahkan KRI Rigel yang dilengkapi peralatan Side Scan Sonar dan ROV dari angkatan laut, RB 206 Bandung yg dilengkapi side scan sonar, Kapal Baruna Jaya, serta Kapal Dominos.     


Barang-barang milik penumpang dan serpihan pesawat Lion Air. (Twitter @SAR_BASARNAS)

Baca Juga : Basarnas Cari Titik Jatuh JT 610 dari Keterangan Warga

Pada hari ketiga evakuasi korban pesawat Lion Air JT 610, penyelaman diprioritaskan di 5 titik dari area yang sudah diperhitungkan yang hari ini diperluas sampai 15 nautical mile (NM). 

3. DPR Setujui Pengesahan APBN 2019

Rapat Paripurna DPR menyetujui pengesahan Rancangan Undang-Undang tentang APBN Tahun Anggaran 2019 menjadi Undang-Undang. Menteri Keuangan Sri Mulyani ketika menyampaikan pendapat akhir pemerintah, menjelaskan disain APBN 2019 menggambarkan optimisme dengan tetap menjaga kehati-hatian di tengah lingkungan yang penuh tantangan.

Baca Juga : Rapat Paripurna DPR Setujui Pengesahan APBN 2019

"Kehati-hatian dan kewaspadaan tidak berarti perekonomian dan APBN kita rapuh, justru kami bersikap demikian untuk menjaga perekonomian yang sedang memiliki momentum positif agar tidak menjadi rapuh dan rentan," ujar dia dilansir Antara, Rabu (31/10/2018).

Sri Mulyani menjelaskan, beberapa tantangan nyata pada 2019 antara lain perekonomian dunia yang masih dibayangi oleh ketidakpastian dari normalisasi kebijakan moneter AS, penguatan dolar AS dan pengetatan likuiditas yang menyebabkan arus modal keluar.

4. Direktur Lion Air Dicopot

Manajemen Lion Air Group langsung mencopot Direktur Teknik Lion Air Muhammad Asif setelah dibebastugaskan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Lion Air akan melaksanakan arahan dan keputusan Kemenhub untuk merumahkan serta memberhentikan Muhammad Asif yang menjabat sebagai Direktur Teknik Lion Air saat ini," kata Manajer Humas Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dilansir Antara, Rabu (31/10/2018).

Manajemen juga telah menunjuk Muhammad Rusli sebagai Pelaksana Tugas Direktur Teknik Lion Air. Keputusan ini berlaku efektif per 31 Oktober 2018 hingga pemberitahuan lebih lanjut.

5. Mobil Listrik Pakai Sinar Matahari

Kia Motors dan Hyundai Motor hari ini mengumumkan teknologi pengisian daya solar roof pada mobil dari grup Hyundai. Mobil ini memiliki fitur charging panel surya yang ditempatkan pada atap kendaraan.

Dilansir dari Antara, Rabu (31/10/2018), panel surya yang dipasang pada atap atau kap kendaraan ini akan menangkap sinar matahari kemudian diolah menjadi energi yang disalurkan ke mesin atau baterai pada kendaraan hibrida dan listrik.

Sistem ini juga berkemampuan mengisi baterai kendaraan listrik dan hibrida, serta kendaraan mesin pembakaran internal (ICE) yang membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga : Mobil Listrik KIA-Hyundai Isi Daya Pakai Sinar Matahari

Tag: hottest issue

Bagikan: