Kabasarnas: Tit..Tit..Tit Suara Black Box Terdengar

Tim Editor

Kepala Basarnas Muhammad Syaugi (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Hari ketiga pencarian Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang menemukan titik terang. Sinyal yang dipancarkan black box berhasil dideteksi tim evakuasi.

Kepastian ini disampaikan Kepala Basarnas Muhammad Syaugi di posko evakuasi, JICT di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (31/10/2018). Sejak siang tadi, Syaugi bareng Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ikut dalam operasi pencarian.

"Tit.. tit.. tit, suara itu terdengar," kata Syaugi.

Black box memang dirancang secara khusus. Ketika perangkat ini menyentuh air, black box langsung memancarkan sinyal darurat yang terus dikirim selama 30 hari sampai baterainya habis.

Temuan sinyal ini langsung ditindaklanjuti dengan menerjunkan para penyelam handal. Termasuk mengirim remotely operated underwater vehicle (ROV), kendaraan bawah laut yang dikendalikan dari jarak jauh, untuk menampilkan gambar video secara langsung dari dasar laut.

Tak cuma itu, ROV juga berhasil menangkap tampilan yang diduga kuat bagian dari bodi pesawat. Tim SAR tentu berharap itu adalah main body dari pesawat. Lokasinya ada sekitar 400 meter sebelah barat laut dari lokasi jatuhnya pesawat.

Syaugi memastikan, tim evakuasi akan tetap bekerja meski malam sudah tiba. Namun untuk urusan menyelam, dia akan melihat lebih dulu sekuat apa arus yang ada di dasar perairan.

"Karena keselamatan penyelam itu nomor satu," tandasnya.

Infografis dipersembahkan oleh Mahesa/era.id

Tag: lion air jatuh

Bagikan: