Hottest Issue Malam, Kamis 01 November 2018

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Selamat malam pembaca setia era.id. Izinkan kami kembali menyajikan Hottest Issue, yang merupakan lima berita terpopuler yang terjadi sejak siang hingga sekarang. Lima berita ini, kami disajikan secara singkat dan padat. Selamat menikmati!

1. WhatsApp Bakal Ada Iklannya

Sudah hampir 10 tahun sejak diluncurkan, WhatsApp kerap menolak untuk menampilkan iklan pada platformnya. Namun, Facebook selaku induk perusahaan WhatsApp memastikan bakal ada iklan yang mejeng di layanan messaging terpopuler di dunia itu.

"Kami akan menayangkan iklan di Status. Ini akan menjadi model utama monetisasi untuk perusahaan dan juga kesempatan bagi para pebisnis untuk menjangkau orang-orang melalui WhatsApp," kata Vice President WhatsApp, Chris Daniels, seperti dikutip dari Android Authority, Kamis (1/11/2018).

Baca Juga : Tampilan WhatsApp Bakal Ada Iklannya

Kendati demikian, belum jelas kapan rencana iklan itu akan dipasang. Pasalnya format iklan yang akan ditampilkan mirip dengan layanan Instagram Stories, jadi setelah 24 jam iklan itu akan menghilang.    

2. Fakta Menarik Black Box

Black box merupakan rancangan David Ronald de Mey Warren. Australia menjadi negara pertama yang mewajibkan pemasangan black box setelah kecelakaan pesawat di Queensland tahun 1960. 

Black box terdiri dari dua bagian, perekam data penerbangan (FDR) dan perekam suara kokpit (CVR). Dirancang khusus tahan banting, bagian FDR dibungkus dengan titanium atau baja tahan karat.

Selain itu, ini juga dapat menahan panas sampai 1.100 derajat celcius selama 30 menit, tahan benturan, kedap air sampai kedalaman 6.000. Juga dilengkapi sensor yang memancarkan sinyal jika menyentuh air dan bisa berfungsi pada kedalaman lebih dari 4 kilometer.

Sinyal darurat terus dikirimkan black box selama 30 hari sampai baterainya habis. Black box umumnya diletakkan di bagian ekor pesawat, posisi yang paling dianggap aman.



3. UMP Jakarta Rp3,9 Juta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menetapkan upah minimum provinsi (UMP) 2019 sebesar Rp3.940.973. Nilai ini naik 8,03 persen dari tahun sebelumnya.

Keputusan ini telah tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 114 Tahun 2018 Tentang Upah Minimum Provinsi Tahun 2019.

"Jadi besaran UMP DKI, sesuai dengan pergub sebesar Rp3.940.973,096. Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga Jakarta menjadi kota maju dan bahagia warganya dengan UMP sebesar itu," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, seperti dikutip dari Antara, Kamis (1/11/2018).

Baca Juga : UMP Jakarta Jadi Rp3.9 Juta

Supaya kalian tahu, kenaikan UMP 2019 sudah diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pergub pada Jumat (26/11). Penetapan tersebut dihitung berdasarkan data inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional (pertumbuhan PDB) yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). 

4. Tenaga Ahli AS Investigasi JT 610

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendapatkan bantuan dari tenaga ahli dari National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat untuk menginvestigasi pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : KNKT Datangkan Tenaga Ahli dari AS untuk Investigasi Lion Air



Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menyebut, tenaga ahli yang berjumlah 16 orang itu diwajibkan dari pihak pabrikan pesawat (Boeing) untuk menginvestigasi penyebab kerusakan pesawat.

"Jadi mereka dalam hal ini membantu untuk KNKT melakukan investigasi. Untuk semua data yang dari pabrikan nanti melewati NTSP, nanti kita bisa minta data apapun yang kita minta berkaitan dengan penyelidikan pesawat itu," ucap Soerjono di lokasi, Kamis (1/11/2018).    


16 orang dari Boeing itu akan menginvestigasi penyebab kerusakan pesawat Lion Air JT 610. (Diah/era.id)

5. Royole Luncurkan Ponsel Layar Lipat

Ponsel layar lipat resmi diluncurkan ke publik dunia. Bukan Samsung, LG apalagi Huawei dan produsen ponsel besar lainnya, melainkan produsen baru asal China bernama Royole Corporation.


Ponsel layar lipat FlexPai (Foto: Royole)

Berbasis android, Royole meluncurkan ponsel lipat pertama mereka bernama FlexPai. Perangkat ini mirip dengan tablet jika ia dalam posisi dibuka. Dan ketika dilipat, maka besarnya seperti buku catatan.

Mengutip The Verge dan PCmag, Kamis (1/11/2018) ponsel FlexPai punya layar seluas 7,8 inci resolusi 1.920 x 1.440 pixel. Saat dilipat, ia terdiri dari 3 layar lebih kecil, yaitu di bagian depan, belakang, dan di sisinya.    

Baca Juga : Royole Jadi yang Pertama Luncurkan Ponsel Layar Lipat
 

Tag: hottest issue

Bagikan: