Patung Tertinggi di Dunia, Ada di India

| 02 Nov 2018 10:50
Patung Tertinggi di Dunia, Ada di India
Patung Sardar Vallabhbhai Patel tertinggi di dunia (@PMOIndia)
Jakarta, era.id - India baru saja meresmikan patung tertinggi di dunia yang dipersembahkan bagi pahlawan kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel. Patung setinggi 182 meter itu diresmikan oleh Perdana Menteri (PM) Narenda Modi, pada Rabu (31/10) di negara bagian Gujarat, India.

PM Modi menyebut momen yang memiliki nama Statue of Unity ini sebagai 'hari yang akan diingat dalam sejarah India'. Di mana PM Modi memuji pemikiran strategis Patel dalam menyatukan India yang terpecah setelah kemerdekaan tahun 1947 silam. 

"Hari ini merupakan hari yang bakal diingat dalam sejarah India," kata Perdana Menteri India Narendra Modi, seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (1/11).

Dengan ketinggian 182 meter, patung Sardar Vallabhbhai Patel tercatat sebagai patung tertinggi di dunia saat ini. Ketinggiannya sama saja dengan dua kali lipat dari Patung Liberty di New York dan lebih tinggi dari Patung Buddha Spring Temple di China yang memiliki ketinggian 128 meter. Sementara patung Garuda Wisnu Kencana di Bali memiliki ketinggian 130 meter.

 

Patung yang terdiri atas 100 ribu ton dan baja itu dibangun selama empat tahun dengan menghabiskan dana 29,9 miliar Rupee atau setara Rp6,1 triliun. Dana itu diambil dari uang negara. Sekitar 3.500 pekerja dilibatkan dalam pembangunannya.

Sempat menuai protes dari warga

Pembangunan patung ini sempat menuai protes dari warga. Karena beberapa masyarakat belum menerima kompensasi lahan dari pembangunan Statue of Unity tersebut.

Anggota kelompok masyarakat di distrik Narmada, mengatakan polisi berpakaian preman sempat membawa 12 orang warganya pada Selasa malam ke markas polisi. Namun, polisi menyangkal telah melakukan penahanan.

Pemerintah negara bagian Gujarat mengatakan, sebanyak 185 keluarga harus pindah demi pembangunan patung. Mereka mendapat kompensasi dan diberi lahan baru seluas 475 hektare.

 

Kendati demikian, pemerintah mengharapkan Statue of Unity akan menjadi salah satu daya tarik di daerah Gujarat, India. Bagi wisatawan yang berminat ke sana akan dikenakan tiket masuk sebesar 350 rupee atau sekitar Rp70 ribu untuk menjelajahi patung sampai ketinggian 153 meter. Para pengunjung dapat melihat pemandangan daerah sekitar dan juga perbukitan.

Sementara itu, pemerintah negara bagian Gujarat juga sedang membangun jalan raya sepanjang dua mil atau sekitar 3 km bagi wisatawan untuk mencapai patung dari kota terdekat, yaitu Kevadia. Untuk sekarang, bagi kamu yang ingin ke Statue of Unity dapat dicapai menggunakan perahu dengan melintasi Waduk Sardar Sarovar. Di daerah tersebut juga akan dibangun Helipad untuk memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung.

 

Tags : india
Rekomendasi