Hottest Issue Siang, Selasa 6 November 2018

Tim Editor

Ilustrasi (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Menu siang ini, tim redaksi era.id akan menyajikan artikel pilihan untuk menemani waktu istirahat siang kalian. Mulai dari kabar serangan hiu yang terjadi di Australia, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, sampai video clip Twice yang berhasil mencetak rekor view di YouTube


1. Twice Cetak Rekor View Youtube Tercepat

Girlband K-Pop Twice baru saja memecahkan rekor view tercepat di YouTube. Video klip terbaru mereka yang berjudul 'Yes or Yes' berhasil meraup 20 juta view hanya dalam waktu 10 jam sejak diluncurkan pada Senin (5/11).

Tak hanya itu, Album baru berjudul sama itu juga langsung merajai tangga lagu di Korea. "Karena banyak orang menyukai musik kami, jadi kami selalu bekerja keras dalam menyiapkan sebuah lagu," kata salah satu personel Twice, Nayeon seperti dikutip dari AllKpop, Selasa (6/11/2018).

Di bawah naungan JYP Entertainment, TWICE melakukan debut pada 20 Oktober 2015. Grup ini dibentuk dari program survival bertajuk "Sixteen" yang dibuat JYP. TWICE memiliki sembilan member, yakni Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu.
 


2. Keluarga Korban Lion Air Tabur Bunga

TNI Angkatan Laut (AL) dan Badan SAR Nasional (Basarnas) membawa keluarga korban penumpang untuk doa bersama di perairan Tanjung Karawang, yaitu titik jatuhnya pesawat Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang.

Keberangkatan ratusan orang dari penginapan mereka di Hotel Ibis ini, dibagi dengan dua kapal, yakni KRI Banjarmasin dan KRI Banda Aceh.



Selama di perjalanan sejauh 24 mil ini, Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi berkeliling menyapa keluarga korban yang duduk menunggu perjalanan. Ia mulai menenangkan korban yang raut mukanya terlihat cemas dan memberi tahu bahwa pencarian dan evakuasi korban masih dilakukan.

Mari kita ingat kembali, pesawat Lion Air PK LQP berangkat dari Jakarta pada pukul 06.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Pangkalpinang sekitar pukul 07.05 WIB pada Senin (29/10). Pesawat tersebut membawa 178 penumpang dewasa, seorang anak dan dua bayi, dengan pilot, kopilot, dan enam  kru pesawat.

3. Serangan Hiu di Australia


Ilustrasi (Pixabay)

Seorang lelaki (33) tewas akibat serangan hiu pada Senin malam (5/11), di dekat Cid Harbor di Whitsunday Islands, Australia. Pria tersebut mendapatkan luka parah di kaki dan pinggangnya.

Dilansir dari Antara, Selasa (6/11/2018), Juru bicara layanan helikopter RSCQ CQ Rescue mengatakan, pria itu sempat ditolong oleh dua dokter dan seorang perawat yang berada di satu perahu di dekatnya, sampai paramedis tiba. Namun nahas, pria tersebut meninggal sebelum tiba di rumah sakit Mackay Base.

Ini jadi serangan hiu ketiga dalam beberapa pekan terakhir, sebelumnya seorang anak perempuan berusia 12 tahun, harus kehilangan kakinya setelah digigit hiu.

Warga negara bagian Queensland meminta pemerintah untuk segera memasang jalur drum yang diberi umpan atau jaring hiu untuk mencegah serangan lebih lanjut.

4. Rupiah Masih Terus Menguat

Pegerakan nilai tukar (kurs) rupiah terus menguat sejak pekan kemarin, pagi ini Dolar Amerika Serikat (AS) berada di level Rp14.875. Pelemahan dolar AS sudah terjadi sejak Jumat pekan lalu.

Mengutip data perdagangan Reuters, Selasa (6/11/2018) dolar AS pagi ini berada di angka tertingginya pada Rp14.975 dan level terendahnya di Rp14.870. Secara year to date (ytd), nilai dolar AS masih menguat terhadap rupiah sebesar 10 persen.

Baca Juga: Rupiah Masih Menguat, Dolar AS Rp14.875

Laju dolar AS masih berfluktuasi hingga akhir pekan kemarin. Kala itu, dolar AS mulai menjinak sejak akhir pekan lalu yang menurun ke level Rp15.128 hingga akhirnya lengser dari Rp15 ribu.    

5. Wajah Tersenyum di Luar Angkasa

Teleskop luar angkasa Hubble baru saja menemukan hal unik dari ruang angkasa. Di antara taburan bintang dan sinar kosmik, teleskop milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA) itu menemukan gambaran wajah yang sedang tersenyum.



Dalam citra teleskop yang diposting di website NASA, tampak dua cahaya kuning (seperti mata) di atas lengkungan cahaya (seperti bibir tersenyum), dan berada di tengah lautan bintang-bintang. Menurut NASA, lengkungan tersebut terjadi karena disebabkan cahaya yang melewati sumber gravitasi besar, sehingga menyebabkannya membengkok.

Penampakan wajah yang sedang tersenyum itu terletak di cluster galaksi SDSS J0952 + 3434, dan ditembak dengan menggunakan Wide Field Camera 3 dari Hubble Space Telescope (WFC3).

Tag: hottest issue

Bagikan: