Trump Bangga InSight Berhasil Mendarat di Mars

Tim Editor

Presiden Donald Trump (Foto: Twitter @realdonaldtrump)

Pasadena, era.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengutarakan rasa bangganya atas pendaratan robot InSight di planet Mars. Menurutnya, keberhasilan misi ini menjadi awal yang bagus untuk program selanjutnya yaitu mengeksplorasi planet merah tersebut.

Melansir dari laman Space, Selasa (27/11/2018) hal itu diungkapkan Trump saat kunjungannya di Mississippi dalam kampanye senator Partai Republik.  

Baca Juga : Pesawat NASA Mendarat di Mars

"Hari ini, kita mendarat di Mars. Kalian mendengarnya kan? Mereka merayakannya di NASA. Kita membangkitkan kembali NASA dan itu adalah hal yang bagus," kata Trump. 

Dalam pidatonya itu, Trump sempat menyinggung orang-orang yang tengah berusaha terlibat dalam perlombaan antariksa. Meski tak menyebutkan nama, namun secara jelas Trump tengah menyinggung pemilik dari SpaceX yakni Elon Musk yang akan segera meluncurkan wahana luar angkasanya.

"Banyak orang kaya menyukai roket, sehingga kita mengambil biaya sewa dari mereka. Teruskanlah, bangun roket yang kamu inginkan, itu bagus buat kita, bukan? Hanya pastikanlah kalian memiliki bendera Amerika di roket itu," jelas Trump

 

SpaceX milik Elon Musk, saat ini masih menyewa tempat peluncuran milik NASA untuk berbagai keperluannya dalam mempersiapkan peluncuran wahana luar angkasanya. Namun demikian, NASA juga membayar kontrak besar dengan mereka untuk berbagai misi ke luar angkasa.

Sementara itu, wakil presiden AS, Mike Pence, juga mengucapkan selamat atas kesuksesan misi InSight.  Dia berharap misi Mars kali ini dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

InSight adalah pesawat ulang-alik kedelapan yang sukses mendarat di Mars, pesawat lainnya juga dioperasikan oleh NASA. Pesawat menembus atmosfer Mars yang tipis dalam kecepatan 19.795 kilometer per jam dan terjun dalam kecepatan 77 mil ke permukaan planet dalam 7 menit.

Tag: donald trump memukau amerika serikat pencurian dana nasabah bri antariksa

Bagikan: