Skybridge Tanah Abang Diuji Coba Hari Ini

| 07 Dec 2018 15:31
<i>Skybridge</i> Tanah Abang Diuji Coba Hari Ini
Sky bridge Tanah Abang (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - PD Pembangunan Sarana Jaya, Dinas Perhubungan, dan Trans Jakarta melakukan uji coba pengoperasian Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang hari ini, Jumat (7/12/2018).

Direktur Utama Sarana Jaya Yoory C. Pinontoan menyebut, lintasan JPM Tanah Abang menghubungkan blok-blok pasar Tanah Abang dan tiga halte termasuk stasiun Tanah Abang.

"Dari rencana tiga halte yang akan dibangun, dua halte sudah terbangun yaitu halte di pintu Stasiun Tanah Abang Jalan Jatibaru, halte di sisi selatan flyover Jatibaru, sementara halte yang belum terbangun adalah halte di pintu stasiun Tanah Abang Jalan Jatibaru bengkel," ucap Yoory kepada wartawan, Jumat (7/12/2018).

Uji coba pengoperasian ini, kata Yoory disebut uji coba lintasan untuk orang dan angkutan umum, dengan perincian lintasan orang adalah pergerakan orang melintas JPM. Lintasan angkutan umum adalah pergerakan Trans Jakarta dan Mikrolet.

Adapun rute bus transjakarta yang akan mengunakan halte Rute Bus 5 F, Kampung Melayu-Tanah abang, serta Rute Bus 8C, Iskandar Muda-Tanah Abang.

"Kedua rute akan melewati Jalan kebon jati-belakang blok G-Jalan Jatibaru raya (di bawah JPM), berhenti di halte baru Jatibaru dan halte Jatibaru bengkel, kemudian lewati flyover Cideng, Hotel Millennium-Jalan Fachrudin," ucap Yoory.

Selain itu, ada juga rute bus 1 H, Tanah Abang-Gondangdia dan rute bus GR 2, Tanah Abang Explorer. Yoory berharap, uji coba lintasan ini dapat mengetahui kekurangan-kekurangan yang harus disempurnakan sampai JPM Tanah Abang ini diresmikan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan pada kesempatan yang akan datang.

“Tujuan utama dari penataan ini yaitu perubahan perilaku penumpang, pengunjung dan pedagang untuk tertib ketika berada di kawasan Tanah Abang”, tuturnya.

Supaya kamu tahu, Pemprov mengundi 650 pedagang yang semula berjualan di Jalan Jatibaru, dengan hasil 446 akan berjualan di JPM. Sisanya, sebanyak 204 pedagang akan ditempatkan di Blok F Pasar Tanah Abang.

JPM Tanah Abang merupakan jembatan penghubung Stasiun Tanah Abang hingga ke Blok G, dan menjadi jembatan antarmoda yang berintegrasi langsung dengan Stasiun Tanah Abang.

Tags : tanah abang
Rekomendasi