CVR Lion Air PK LQP Ditemukan

Tim Editor

Puing-puing Pesawat Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610 (dok. Basarnas)

Jakarta, era.id - Bagian kotak hitam, CVR (Cockpit Voice Recorder), Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610 berhasil ditemukan, Senin (14/1/2019) pukul 09.10 WIB. 

Pesawat dengan rute Jakarta-Pangkalpinang ini jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin 29 Oktober 2018.

"CVR (Cockpit Voice Recorder) Lion Air JT.610  pada Pkl 09.10 yang berhasil ditemukan Tim Penyelam (Kopaska & Dislambair) Koarmada I , pada kedalaman 8 meter dibawah dasar laut (kedalaman laut 30 meter)," kata Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho dihubungi, Jakarta, Senin (14/1/2019).


CVR Lion Air PK LQP nomor penerbangan JT 610. (Foto: Istimewa)

Dia menambahkan, proses pencarian ini berawal dari diperolehnya suara ping atau sinyal CVR Lion Air itu yang masih terdengar setelah 73 hari dari peristiwa jatuhnya pesawat yang mengangkut 178 penumpang dan lima kru pesawat tersebut.

Selain mengambil CVR, tim juga menemukan tulang belulang yang diduga korban pesawat. Total ada 7 kilogram tulang belulang yang ditampung di dalam freezer.

Agung menambahkan, saat mengambil benda-benda ini, tim menggunakan Ejector Airman untuk menyedot pasir dan lumpur di area yang terdapat CVR.

"Hasil yang diperoleh suara ping dan sinyal dari CVR Lion 610 hilang kemungkinan battrey CVR menjadi lemah sudah 73 hari tmt Crash 29 Oktober 2018, ditemukan accelemeter yang mana posisi semula berdekatan dengan CVR (10 cm) info KNKT, Human Remain (tulang belulang) dari korban 7 kg diamankan dalam freezer. Kegiatan selanjutnya, melaksanakan penyedotan pasir lumpur di area dugaan CVR terpendam dengan menggunakan Ejector Airman," kata dia.

Tag: lion air jatuh

Bagikan: