Saat Ditemukan, Black Box CVR Terlepas dari Baterai

Tim Editor

CVR Lion Air PK LQP. (Diah/era.id)

Karawang, era.id - Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono bersama investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Onny Suryo Wibowo menjemput black box atau kotak hitam berjenis CVR (Cockpit Voice Recorder), Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610, yang akan dibawa ke Dermaga JICT.

"Berkat kerja sama kita semuanya, KNKT, bersama KRI Spica dan para penyelam baik Dislambair maupun Kopaska Koarmada I, kita berhasil menemukan CVR ini. Sekarang, kita perjalanan menuju Tanjung Priok," tutur Yudo di KRI Spica, Perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (14/1/2019). 

Onny menjelaskan, pada saat penemuan diketahui CVR telah terlepas dari baterai ULB yang menghubungkan dengan alat ping locater sebagai penangkap sinyal dari CVR itu sendiri.


Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono. (Diah/era.id)

"Sehingga, inilah yang membuat tantangan kita untuk mencari. Tapi alhamdulillah dengan seluruh kerja sama tim TNI, KNKT semuanya kita berhasil menemukan ini dalam kondisi yang masih relatif baik," jelas Onny.

Data black box CVR yang penemuan lokasinya berjarak sekitar 10 meter dari lokasi penemuan black box sebelumnya yaitu flight data recorder (FDR), nantinya akan diunduh di Kantor KNKT untuk diinvestigasi lebih lanjut.

"Mudah-mudahan nanti di KNKT kita behasil untuk men-download, sehingga bisa kita sampaikan hasilnya kepada masyarakat," jelas dia.

Untuk kamu tahu, CVR Lion Air PK LQP dengan nomor penerbangan JT 610 berhasil ditemukan, Senin (14/1/2019) pukul 09.10 WIB. Pesawat dengan rute Jakarta-Pangkalpinang ini jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin 29 Oktober 2018.


CVR Lion Air PK LQP. (Diah/era.id)

Proses pencarian ini berawal dari diperolehnya suara ping atau sinyal CVR Lion Air, yang masih terdengar setelah 73 hari dari peristiwa jatuhnya pesawat yang mengangkut 178 penumpang dan lima kru pesawat tersebut.

Selain mengambil CVR, tim juga menemukan tulang belulang yang diduga korban pesawat. Total ada 7 kilogram tulang belulang yang ditampung di dalam freezer atau lemari pendingin.

Tag: black box lion air jatuh

Bagikan: