Jelang Debat, Paslon 01 Lakukan Persiapan Teknis

| 16 Jan 2019 20:31
Jelang Debat, Paslon 01 Lakukan Persiapan Teknis
Koordinator Tim Debat Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding (Foto: Wardhani/era.id)
Jakarta, era.id - Jelang debat perdana capres-cawapres yang akan digelar, Kamis (17/1/2019), paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin melaksanakan persiapan teknis debat di Ballroom Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat.

Dari pantauan era.id, capres petahana Jokowi hadir dengan menggunakan mobil Toyota Innova berwarna hitam. Ketika turun Jokowi tampak menggunakan kemeja berwarna putih. Tampak juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung turun dari mobil yang sama.

Saat hadir, Jokowi mengaku dirinya belum tahu apa yang akan dilakukan di dalam Ballroom Djakarta Theater.

"Nantilah, saya belum tahu mau ngapain. Nanti setelah bicara di dalam baru (disampaikan)," kata Jokowi sebelum masuk ke dalam ruangan, Rabu (16/1/2019).

Sementara itu, sebagai Koordinator Tim Debat Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengaku selain ingin memberikan pengarahan kepada Tim Kampanye Nasional, Jokowi ingin tahu sejauh apa timnya menyiapkan debat perdana.

"Kehadiran Pak Presiden selain ingin mem-briefing TKN, beliau juga ingin mengetahui persiapan teknis kami di dalam menyiapkan debat ini," ujar Karding.

Sebagai koordinator tim debat, Karding juga menyebut ada beberapa hal yang memang kini tengah disiapkan oleh Presiden Jokowi. 

"Pertama adalah bagaimana menyampaikan kalimat dengan diatur oleh waktu. Harus ada adaptasi, karena waktunya ada yang tiga menit, ada yang dua menit," jelas Ketua DPP PKB itu.

"Kedua perlu diskusi dengan Kiai Ma'ruf tentang penyamaan persepsi antara keduanya, tentang kekompakan dan komunikasi terjadi," imbuhnya.

Selain itu, persiapan debat ini juga dilakukan agar paslon nomor urut 01 itu mampu beradaptasi dengan tata letak dan aturan-aturan dalam debat.

Terkait kesiapan Ma'ruf Amin, Karding mengaku jika mantan Rais Aam PBNU itu sudah siap secara konten dan mental. Apalagi saat menjabat sebagai Rais Aam banyak debat dan diskusi yang dilakukan oleh Ma'ruf Amin. 

"Kesiapan mental Kiai Ma'ruf dalam debat tidak perlu diragukan. Hanya butuh adaptasi waktu yang disiapkan KPU. Jadi ini hanya melihat bagaimana posisi duduk audience, berapa jaraknya, seperti apa suasananya, lalu kemudian antar kedua paslon ini bisa punya komunikasi yang bagus," tutupnya.

Tags : pilpres 2019
Rekomendasi