Kubu Prabowo Belum Bersikap untuk Pemilihan Moderator Debat Kedua

| 22 Jan 2019 16:19
Kubu Prabowo Belum Bersikap untuk Pemilihan Moderator Debat Kedua
Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso sedang menghadiri acara di BPN Prabowo-Sandi. (Mery/era.id)
Jakarta, era.id - Najwa Shihab dan Tommy Tjokro diusulkan jadi moderator Debat Pilpres kedua. Debat ini bertemakan energi dan pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan infrastruktur. 

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso mengatakan, Koalisi Adil Makmur--koalisi partai pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno--belum memutuskan sikap terkait calon moderator itu. Apalagi, katanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menyampaikan secara resmi terkait hal ini.

"Saya hanya ingin menegaskan, sampai hari ini, kami belum menyikapi terhadap calon moderator. Karena sampai hari ini pihak KPU pun, belum menyampaikan kepada kita kandidat-kandidat moderator," tuturnya, saat ditemui di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Selasa (22/1/2019).

Dia menerangkan, bila ada penolakan dari kubu Prabowo-Sandi terhadap pilihan moderator ini, hal itu adalah pandangan yang bersifat pribadi.

“Jadi ini yang harus saya sampaikan. Mungkin saja pak Andre (Rosiade) atau beberapa teman menyampaikan itu sebagai usulan pandangan yang bersifat personal dan kami mempersilakan untuk itu,” tuturnya.

Apalagi, katanya, terkait dengn moderator menurut Undang-Undang, KPU bisa mengajukan dan harus mendapatkan persetujuan dari kedua belah pihak.

Priyo mengatakan, Najwa Sihab dan Tommy Tjokro masuk nominasi sebagai calon moderator untuk debat selanjutnya, namun, ada nama lain yakni Latif Siregar dan Retno Pinasti.

"Nama-nama itu rencananya berdasarkan kesepakatan dengan ketua KPU dalam rapat kemarin yang saya juga hadir, akan dibahas pada pertemuan hari Kamis atau Jumat pekan ini," kata dia.

"BPN Prabowo-Sandi belum menyampaikan sikap untuk menolak kepada seseorang apalagi itu sekelas Najwa Shihab. Najwa Shihab adalah salah satu host TV dan presenter ternama yang sedang moncer dan kita menghormati reputasinya selama ini," sambungnya.

Priyo menegaskan, sikap resmi koalisinya akan disampaikan saat pertemuan dengan KPU yang membahas moderator. 

Namun, dia menginginkan sosok moderator yang dipilih nanti tidak memiliki reputasi dan tidak berafiliasi politik terhadap salah satu calon.

"Kita memang menginginkan memilih moderator yang hebat, yang punya reputasi, yang tidak berafiliasi pada semua hal pada semua kekuatan-kekuatan politik dan seterusnya," tuturnya.

Sekadar informasi, Najwa Shihab jadi salah satu yang dipertimbangkan KPU untuk dipilih sebagai moderator debat capres kedua. Namun, hal ini mendapat penolakan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Adalah Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rodiade yang mengatakan sebaiknya KPU mencari nama lain selain Najwa Shihab. Sebab, katanya, Najwa tidak netral. Hal ini perkaca pada pemilu 2014 lalu.

Rekomendasi