Hottest Issue Malam, Senin 18 Februari 2019

Tim Editor

Ilustrasi (Ilham/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat malam, selamat beristirahat. Buat kamu yang sibuk di hari Senin dan enggak sempat baca berita, kami akan suguhkan lima berita pilihan yang kami rangkum sejak pagi ini. Simak berita Hottest Issue Senin (18/2/2019) khas era.id

1. Earpiece dan Jokowi

Calon presiden Joko Widodo dianggap menggunakan earpiece sebagai alat komunikasi di debat kedua Pilpres 2019. Anggapan ini bersliweran di media sosial karena didasari perilaku Jokowi saat debat berjalan, yaitu menekan telinga dan memegang pulpen.

Jokowi membantah. Katanya, itu adalah fitnah. Calon presiden nomor 01 itu tak ingin fitnah seperti ini diteruskan. 

"Ada-ada saja sih ini. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusin lah," kata Jokowi di SD Negeri Panimbang Jaya 01, Tanjungjaya, Pandeglang, Banten, Senin (18/2).


Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto pada debat kedua Pilpres 2019 (Irvan/era.id)

Komisi Pemilihan Umum memastikan tak ada alat komunikasi kecuali mikrofon yang disediakan penyelenggara debat. Dalam debat itu, alat komunikasi hanya menggunakan dua alat, yaitu mikrofon dan clip-on.

"Capres 01 dan 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu, jadi clear seperti itu. Baik 01 maupun 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

2. Rumah Ketua DPR Kebakaran

Kebakaran melanda sebuah rumah di Jalan Baladewa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (17/2) malam. Rumah tersebut merupakan milik Ketua DPR Bambang Soesatyo. 

Diduga, penyebab kebakaran karena korsleting listrik.

Tak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Hanya saja kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.    

Selengkapnya: VIDEO: Semalam Rumah Ketua DPR Kebakaran

3. Diskoria dan Lagu Disko Barunya

Grup duo Diskoria meluncurkan sebuah single bernuansa pop dan disko ala' 80-an bertajuk Balada Insan Muda. Duo Merdi Simanjuntak dan Fadli Aat ini mengatakan, tercipta setelah keduanya sering berdiskusi akan estetika musik pop '80an dengan beberapa musisi seperti Lale dan Ilman dari Maliq & D’Essential serta Nino dari RAN, dan juga usai menjadi pembicara seminar tentang musik pop dalam acara Proud Project. Pertemuan tersebut menjadi langkah awal Diskoria dan ketiga musisi tersebut untuk menggarap single ini.

Balada Insan Muda dirilis 14 Februari lalu via Suara Disko & Locker Media. Lagu tersebut memiliki interpretasi terhadap musik pop Indonesia tahun '80an, mulai dari instrumen musik dan penulisan lirik. Lagu yang dikomposisikan oleh Lale, Ilman, dan Nino tersebut diterjemahkan dengan baik oleh Merdi dan Fadli.

Penasaran?


Diskoria (Foto: Istimewa)

4. Unicorn dan Prabowo

"Yang Bapak maksud Unicorn? Maksudnya yang online-online itu, iya, kan?" ucap capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam sesi debat kedua Capres 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Pernyataan Prabowo itu untuk menjawab pertanyaan capres nomor urut 01, Joko Widodo tentang strategi untuk mendukung pertumbuhan perusahaan startup Unicorn di Indonesia. Jokowi pun meminta pendapat Prabowo bagaimana cara yang efisien mengelola perkembangan industri 4.0.

Ternyata, pernyataan Prabowo soal unicorn itu menjadi bahan perbincangan di media sosial. 

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiga Uno, Priyo Budi Santoso bilang, Prabowo dijebak dengan pertanyaan dari Jokowi. Karena, menurutnya, istilah unicorn belum banyak yang tahu. 

"Ini pertanyaan sebenarnya agak aneh bin ajaib, tendensi menjebak," kata Priyo di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019) dini hari.


Ilustrasi (Ilham/era.id)

Sementara, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menganggap, pernyataan Prabowo soal unicorn adalah sebuah kefatalan. Karena, istilah tersebut sangat dekat dengan dinamika pengembangan perekonomian dunia. 

"Ketidaktahuan terhadap unicorn menjadi pukulan telak, yang membuat publik ragu apakah Pak Prabowo melakukan update terhadap global trend dan hal-hal baru semisal industri 4.0," ungkap Hasto.    

5. Lahan Prabowo dan Bawaslu

Jokowi dilaporkan ke Bawaslu atas tuduhan pelanggaran Pemilu karena dianggap menyerang pribadi capres Prabowo Subianto saat debat putaran kedua, Minggu (17/2). 

Tim Advokat Indonesia Bergerak menuding Jokowi telah menyerang pribadi Prabowo dalam debat terkait kepemilikan lahan Prabowo di Kalteng dan Aceh Tengah.

Jokowi dilaporkan karena melanggar Pasal 280 ayat (1) huruf c UU Nomor 7 Tahun 2017 yang menyebutkan bahwa pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu 2019 dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon,
dan/atau Peserta Pemilu yang lain.


Capres nomor urut 01 Joko Widodo dilaporkan ke Bawaslu karena pernyataannya tentang tanah milik capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di Kaltim dan Aceh Tengah. (Diah/era.id)

Sementara itu, dilansir Antara, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut tidak usah ada debat jika sedikit-sedikit peristiwa dalam debat diancam untuk dilaporkan kepada Bawaslu.

"Ya debat yang lalu saya dilaporkan, kalau debat dilaporkan enggak usah debat saja," kata Joko Widodo (Jokowi) sambil tertawa saat ditanya wartawan di Tangerang, Senin (18/2).

Tag: hottest issue

Bagikan: