Hottest Issue Senin Malam, 25 Februari 2019

Tim Editor

Ilustrasi Hottest Issue Malam (Ilham/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat malam pembaca era.id, kami telah merangkum sejumlah artikel menarik yang terjadi sepanjang hari ini. Mulai dari wacana Cawapres Sandiaga Uno yang ingin membuat wisata halal di Bali, kemudian ada insiden pembangkangan Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga di Final Piala Liga Inggris.

Lalu ada kabar dari pagelaran Oscars 2019. Hingga soal gadget baru dari Huawei yang akan menjadi pesaing Samsung Galaxy Fold untuk smartphone layar lipat. 


1. Mungkinkah Ada Wisata Halal di Bali?



Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno punya sebuah mimpi kalau jadi memimpin negeri ini. Dia mau menciptakan Bali sebagai lokasi wisata halal. Sebuah niatan yang sebenarnya mau diterapkan di Jakarta. Namun Sandiaga keburu naik kelas, meninggalkan kursi wakil gubernur DKI masuk perhelatan pilpres.

"... di Bali sendiri kami harapkan pariwisata akan lebih baik dan multiplayer-nya banyak sekali kepada UMKM. Salah satunya juga pariwisata halal. Banyak potensinya.." kata Sandiaga di Denpasar, Bali, Minggu (24/2/2019) kemarin.

Sandiaga punya hitung-hitungan sendiri kenapa mau menerapkan wisata halal di pulau Dewata. Terutama soal potensi uang luar biasa besar yang bisa dikeruk. Informasi yang didapat Sandiaga, potensi pariwisata halal kabarnya bisa tembus di atas Rp3 ribu triliun. 

Sandiaga iri dengan negara tetangga yang sudah menerapkan konsep ini. Buktinya banyak wisatawan Timur Tengah yang tersedot ke Bangkok karena punya restoran tersertifikasi halal. Termasuk hotel halal.


2. Huawei Punya Pesaing Samsung Galaxy Fold

Belum ada satu minggu setelah Samsung memperkenalkan Galaxy Fold sebagai smartphone layar lipatnya. Kini giliran Huawei yang unjuk gigi menampilkan ponsel layar lipat pertamanya di ajang MWC 2019 di Barcelona. 

Huawei Mate X diperkenalkan oleh CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu di atas panggung di Barcelona, Minggu (24/2) malam. Perangkatnya itu tak hanya bisa dilipat, tapi juga sudah mendukung jaringan koneksi 5G.
 

Melalui siaran langsungnya saat MWC 2019, Richard Yu sempat tak sengaja menampilkan foto Huawei Mate X sebelum video teasernya. Dengan mengusung slogan 'The future of design, the future of technology' Huawei Mate X akan menjadi pesain terberat bagi Samsung dan juga kompetitor lainnya dalam mengembangkan ponsel layar lipat.


3. Pembangkangan Kepa Arrizabalaga


Keppa Arrizabalaga (Instagram/@kepaarrizabalaga)

Wibawa juru racik Chelsea, Maurizio Sarri hancur lebur di stadion Wembley di London, Inggris. Bukan karena the Blues keok di tangan Manchester City yang bikin Piala Liga Inggris melayang. Namun perintahnya tak digubris kiper andalannya, Kepa Arrizabalaga.

Kepa Arrizabalaga seharusnya diganti jelang tos-tosan adu penalti. Kiper cadangan, Willy Caballero sudah bersiap di pinggir lapangan, bahkan telah memakai sarung tangan. Tapi ada daya, Kepa Arrizabalaga memberi tanda menolak diganti.

Jagat sepak bola geger. Mungkin jarang terdengar seorang pemain menolak diganti pelatih dalam sebuah pertandingan resmi. Kalau marah-marah karena diganti, sudah banyak kita temui.

Dalam artikelnya, Tirto menulis tak ada yang dilanggar oleh Kepa. Sebagai pemain, Kepa ternyata punya hak --tertulis dalam Law 3 FA-- untuk melakukan menolak. Dan pertandingan pun tetap harus dilanjutkan.

Masalahnya, ini juga bukan soal aturan, tapi etika. Bahkan sampai ada cibiran kalau pelatih Chelsea sesungguhnya adalah Kepa, bukan Sarri. Nama terakhir yang sempat diisukan dipecat pun marah-marah jelang pertandingan berakhir.


4. Rami Malek Aktor Terbaik Oscars 2019

Gelaran Academy Awards 2019 malam tadi jadi momen istimewa buat Rami Malek. Aktor berdarah Mesir itu berhasil membawa pulang trofi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik.

Peran Rami sebagai legenda musik rock, Freddie Mercury di biopik Queen, Bohemian Rhapsody berhasil membawa dirinya melampaui pencapaian Bradley Cooper (A Star is Born), Christian Bale (Vice), Willem Dafoe (Eternity's Gate), serta Viggo Mortensen (Green Book).
 


Selain memunculkan Rami sebagai aktor paling mantap, Bohemian Rhapsody juga memenangi trofi untuk kategori Sound Mixing, Sound Editing, serta Editing Film. Dilansir Pitchfork, Senin pagi (25/2/2019), Bohemian Rhapsody saat ini masih bersaing dalam nominasi Best Picture, nominasi paling bergengsi ajang ini.


5. BPJS Serahkan Santunan Korban Lion Air

BPJS Ketenagakerjaan dan Pemerintah Kota Jakarta Barat menyerahkan dana jaminan kecelakaan kerja untuk salah satu korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT-610 di perairan Kerawang, Jawa Barat pada 29 Oktober 2018. Dana jaminan keselamatan kerja tersebut diberikan untuk korban atas nama Liu Anto. 

Menurut kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Grogol Andrey Tuamelly menyebutkan bahwa almarhum sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2015. Ahli waris korban berhak atas santunan keselamatan kerja, santunan kematian, santunan hari tua, dan beasiswa untuk satu orang anak sebesar Rp1.035.196.889.

Liu merupakan salah satu korban kecelakaan Lion Air JT 610 penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada 29 Oktober 2019. Insiden tersebut menewaskan 189 korban jiwa. Sebanyak 125 korban berhasil diidentifikasi. Dan Liu Anto termasuk dalam 64 korban yang tidak teridentifikasi.

Tag: hottest issue

Bagikan: