Maret, LRT Kelapa Gading - Velodrome Siap Beroperasi

Tim Editor

Menhub Budi Karya Sumadi (dok. Kemenhub)

Jakarta, era.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Light Rail Transit (LRT) Kelapa Gading saat ini sudah 99,4 persen rampung. Diperkirakan LRT pertama dengan rute Kelapa Gading - Velodrome akan siap beroperasi pada bulan Maret 2019.

“Insyaallah akhir Maret selesai. Karena bagian signal dan depo itu yang belum selesai. Akhir Maret baru dioperasikan. Tidak ada kendala lain. Jadi kita tunggu konstruksi berkaitan dengan signal dan depo selesai,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangan persnya, Minggu (24/2/2019).

Saat ini progres pembangunan LRT Jakarta per 21 Februari kemarin secara keseluruhan sudah mencapai 99,4 persen. Budi Karya mengatakan target dari developer proses penyelesain rampung pada pertengahan Maret, setelah itu kata dia, Kementerian Perhubungan akan melakukan serftifikas terlebih dahulu sebelum beroperasi. 

“Tim saya sudah berkoordinasi dengan developernya itu selesainya kira-kira pertengahan Maret setelah itu kita sertifikasi. Sertifikasi sekitar 1 - 2 minggu selesai,” ungkapnya.

Budi Karya menyebutkan LRT Kelapa Gading nanti akan terkoneksi di jalan Thamrin, diharapkan masyarakat Kelapa Gading mulai membudayakan untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. "Masyarakat Kelapa Gading nanti tidak tidak perlu lagi memakai kendaraan pribadi," imbuhnya. 



Tak hanya itu, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub juga telah melakukan serangkaian pengujian sarana LRT Jakarta terhadap 8 trainset (16 sarana/kereta) yang akan dioperasikan. Dari 8 trainset tersebut, 4 trainset telah terbit sertifikat pengujian oleh Ditjen Perkeretaapian dan 4 trainset lainnya dalam proses penerbitan. 

Untuk tarif LRT Kelapa Gading, menurut Budi Karya, belum ditetapkan, tarif nantinya akan diatur oleh Pemerintah DKI Jakarta.

LRT Jakarta Fase I memiliki panjang lintasan 5,8 kilometer. Jalur tersebut terbentang dari Velodrome, Jakarta Timur, hingga Kelapa Gading, Jakarta Utara. 
 

Tag: kemenhub budi karya sumadi lrt mrt jakarta becak di jakarta

Bagikan: