Baru 14 Tahun, Remaja Ini Berhasil Merakit Reaktor Nuklir

| 25 Feb 2019 07:15
Baru 14 Tahun, Remaja Ini Berhasil Merakit Reaktor Nuklir
Peneliti muda Jason Oswalt (The Guardian)
Jakarta, era.id - Kira-kira apa yang kalian lakukan saat masih berusia 14 tahun? Sebab Jason Oswalt (14) asal Memphis, Amerika Serikat (AS) mengklaim telah berhasil membangun reaktor nuklir saat usianya baru 13 tahun.

Melansir The Guardian, Minggu (24/2) Kelompok Konsorsium Penelitian Open Source Fusor mengakui prestasi Oswalt yang telah berhasil merakit reaktor nuklir sederhana pada Januari 2018 lalu. Remaja yang kini berumur 14 tahun itu membangun reaktor tersebut dari mesin penyedot, pompa, dengan pengerjaannya dilakukan di dalam kamar tidurnya. 

"Proyek ini mulai aku kerjakan saat 12 tahun dan sekarang aku sudah berusia 13 tahun. Dan akan sangat mengejutkan ketika berhasil meliat reaksi fusi. Bahkan saya juga tak percaya," ungkap Oswarlt di situs Fusor.

Reaktor fusi buatan Oswalt (Fusor)

Pengetahuannya merakit reaktor fusi didapatnya dari internet. Kepada Fox News, Oswalt menuturkan memulai proyek pembangunan dengan mempelajari apa saja yang sudah dilakukan penemu reaktor sebelumnya. Berbekal dari informasi itu, dia mulai mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan. Kebanyakan dia membeli melalui eBay.

Tanpa bantuan dari buku apapun, Oswalt mencoba untuk belajar dari kesalahan yang dibuatnya, serta berdiskusi dengan fisikawan amatir di melalui forum peneliti. 

Sang ayah, Chris Oswalt yang bekerja di sebuah perusahaan peralatan medis juga sempat tak mengetahui apa yang dikerjakan oleh putranya. Hingga suatu hari dirinya baru mengetahui kreasi putranya itu memungkinkan terjadinya reaksi fusi atom secara paksa dan dapat melepaskan sejumlah energi dalam kapasitas yang besar.

"Saya kira bakal ada ketidakpercayaan tentang apa yang dikerjakan Jackson hingga mereka menyaksikannya sendiri," ujar Chris kepada USA Today. 

Reaktor fusi buatan Oswalt (Fusor)

Meski belum diuji oleh organisasi resmi dan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Tak sedikit dari ilmuan dan fisikawan itu mengakui karya Oswalt. 

Kreasinya dalam membuat reaktor fusi menjadi prestasi tersendiri bagi Oswalt. Dirinya bahkan telah melampaui fisikawan muda asal Inggris Taylor Wilson yang juga merakit reaktor fusi nuklir pada usia 14 tahun.

Rekomendasi