Kim Jong Un Sampai Vietnam, Trump Masih OTW

| 26 Feb 2019 12:14
Kim Jong Un Sampai Vietnam, Trump Masih <i>OTW</i>
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Pemimpin Negara Komunis Korea Utara Kim Jong Un sudah tiba di Vietnam dengan menggunakan kereta berlapis baja, dalam rangka melakukan pertemuan tinggi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam ini adalah pertemuan kedua Kim dan Trump sejak pertemuan mereka pada Juni tahun lalu di Singapura. Pada pertemuan ini diperkirakan akan membicarakan kesepakatan untuk program denuklirisasi total Semanjung Korea. 

Untuk sampai ke Vietnam, Kim menempuh perjalanan selama dua hari dengan jarak sekitar 2.800 mil daratan dari Pyongyang Korea Utara. Seperti dilansir dari media masa Vietnam, 24h.com.vn, kereta baja yang ditunggai Kim adalah kereta tanah peluru. Kendaraan lapis baja itu diketahui dilengkapi dengan telepon satelit, ruang rapat, ruang makan, dan kamar tidur terpisah. Untuk interiornya, jok pada kereta dilapisi kulit dan dilengkapi dengan TV layar lebar. Sementara dalam kereta itu Kim juga membawa mobil dengan tingkat keamanan kelas satu Mercedes-Benz S600.  

Sejak pertemuan pertamanya dengan Trump tahun lalu, Kim memang selalu terlihat sangat well-prepared ketika bepergian ke luar negara apalagi menyangkut pertemuan dengan negara yang pernah menjadi lawan politiknya. Pada pertemuan pertama Kim sampai membawa toilet pribadi pada pertemuan vital representatif kedua negara itu.

Masih menurut laporan 24h.com.vn, diketahui bahwa iring-iringannya terdiri dari 3 rangkaian kereta yang berjalan secara simultan dalam perjalannya itu. Kreta pertama sebagai garis depan, bertugas sebagai pemeriksa keamanan dan jaringan kereta api. Lalu kabarnya kreta Kim diapit oleh kereta pertama dan ketiga. Sedangkan kereta ketiga juga difungsikan untuk meningkatkan keamanan bagi Kim selama perjalanan sembari membawa pengawal, kendaraan lapis baja dan peralatan keamanan lainnya. 

Perjalanan Kim diketahui melewati daratan Tiongkok. Negara tirai bambu juga kabarnya turut membantu meningkatkan keamanan perjalan Kim. Mereka dikatakan telah memobilisasi helikopter dan pesawat dalam pengamanannnya.

Seperti diketahui keluarga Kim memang terkenal suka melakukan perjalan dengan menggunakan kereta. Kakek dari Kim Jong Un, Kim Il-Sung yang juga pemimpin Korea Utara sebelumnya memilih moda kereta sebagai transportasi utama.

Pengamanan di Vietnam

Setelah mengarungi perjalanan panjang, Kim akhirnya tiba di Vietnam pada hari ini tepatnya pukul 8.15 pagi waktu setempat. Kretanya menepi di stasiun kereta Dong Dang di kota perbatasan Dong Dang, provinsi Song. 

Di sana ia disambut oleh pejabat Vietnam dan diberi karpet merah sebelum masuk ke Mercedesnya. Pengawa Kim berlari di samping mobilnya ketika mobil mulai berjalan.

Iring-iringan Kim diperkirakan akan menempuh jarak 100 mil lagi untuk sampai ke Hanoi. Kabarnya seluruh jalan yang akan dilalui Kim akan ditutup untuk smeua lalu lintas normal. Seperti yang kita tahu bagaimana tertutupnya negara Korea Utara, untuk masalah rute adalah sebuah kerahasiaan.

Sementara itu, Trump masih dalam perjalanan menuju Vietnam. Trump pun memberikan pernyataan lewat akun Twitternya, @realDonaldTrump.

 

Rekomendasi