Panelis dan Moderator Teken Pakta Integritas Debat Kelima

| 10 Apr 2019 15:20
Panelis dan Moderator Teken Pakta Integritas Debat Kelima
Penandatanganan akta integritas dengan Komisi Pemilihan Umum (Foto: Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Panelis dan moderator debat kelima pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019 menandatangani pakta integritas dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Ketua KPU Arief Budiman bilang, debat terakhir sebelum hari pemungutan suara akan jadi debat yang penting. Dalam kultur pemilu kita, di antara banyak tahapan, bagian klimaks di bagian akhir. 

"Kami sangat berharap betul-betul terurai yang jadi klimaks, seperti yang dibutuhkan Indonesia. Apalagi, ini menggagas tema yang menyangkut hajat orang banyak," kata Arief di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

Arief meminta kepada panelis yang membuat pertanyaan dan moderator yang memandu jalannya debat untuk memoles debat pamungkas ini dengan sebaik-baiknya, sehingga publik mendapatkan informasi dan masukan-masukan yang akan digunakan sebagai latar belakang siapa yang dia pilih. 

Muhammad Nasih, yang menjadi koordinator panelis menyebut pihaknya berkomitmen untuk bersikap objektif dalam merumuskan daftar pertanyaan. Nasih bilang pekerjaan yang berat. Mengingat, mereka mendapat jatah membuat pertanyaan pada hari terakhir masa kampanye dan sehari sebelum masa tenang. 

"Ini tantangan berat. Kami semua berkomitmen untuk selalu menjaga integritas kami. Kami akan menyusun pertanyaan yg sangat obyektif ilmiah dan tak memihak salah satu paslon," ucap Nasih. 

Sementara, jurnalis TvOne Balques Manisang dan jurnalis Net TV Tommy Ristanto, sebagai moderator, berharap mereka dapat mengolah ramuan pertanyaan dari panelis yang dilontarkan agar dapat ditangkap dengan baik oleh kandidat debat. 

"Kita tak bisa memenuhi ekspektasi semua orang, tapi kami akan mencoba yg terbaik karena ini debat pamungkas," tutur Balques. 

"Ini ajang menyampaikan visi-misi terakhir maupun proker dan janji-janji paslon. Kami mengajak seluruh masysrakat khususnya milenial menonotn debat pamungkas ini. Jangan hanya berdasarkan medsos dan rumor, tapi ayo kita semua jadi saksi menyukseskan pesta demokrasi tahun ini," timpal Tommy. 

Debat kelima yang jatuh pada 13 April nanti diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Debat ini diselenggarakan oleh TvOne, ANTV, Berita Satu TV, dan Net TV. 

Biar kamu tahu, berikut adalah nama-nama panelis yang telah ditetapkan KPU untuk menyusun pertanyaan debat kelima dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

1. Rektor Unair Muhammad Nasih

2. FEB universitas Tanjungpura Eddy Suratman Guru besar

3. Dosen FEB UIN Syarif Hidayatullah Muhammad Arief Mufraini

4. Dekan FEB Universitas Diponegoro Suhartono

5. Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi Herman Karamoy 

6. Dekan FEB Universitas Udayana I Nyoman Mahaendra Yasa

7. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Harif Amali Riva'i 

8. Guru Besar ITB Dermawan Wibisono

9. Dosen community development unika Soegijapranata Semarang Tukiman Taruno Sayoga 

10. Direktur eksekutif Indonesia Global Justice (IGJ) Rahmi Hertanti.

 

Tags : pilpres 2019
Rekomendasi